Rumah Warga Kabau Kepulauan Sula Diterjang Banjir Rob

Banjir rob terjang rumah penduduk Dsun I, Desa Kabau, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Minggu 25 Desember 2022.
Banjir rob terjang rumah penduduk Dsun I, Desa Kabau, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Minggu 25 Desember 2022.

Beritadetik.id – Rumah penduduk Desa Kabau Pantai, Kecamatan Sulabesi Barat, Kabupaten Kepulauan Sula, dihantam banjir rob atau gelombang pasang pada  Minggu 25 Desember 2022.

Bencana tersebut mengakibatkan ruas jalan dalam desa Kabau dipenuhi air laut. Bahkan warga setempat melaporkan talud penahan ombak juga ikut rusak.

“Banjir rob yang merendam rumah warga ini terjadi di Dusun 1 Desa Kabau. Warga juga terlihat panik saat bencana itu terjadi,”kata Ridwan Tidore kepada beritadetik.id, Minggu (25/12).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan tinggi ombak kurang lebih 2 meter tersebut  menerjang rumah warga dan juga talud kurang 50 meter ikut rusak.

“Saya minta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) melalui BPBD, agar segera melakukan penanggulangan di Desa Kabau, jika tidak abrasi akan terus mengancam rumah penduduk Kabau saat ini,”ujarnya.

Kepala BPBD Kepulauan Sula, Buhari Buamona dikonfirmasi melalui sambungan telepon dirinya berjanji  akan segera turun untuk melakukan penanggulangan bencana di desa tersebut.

“Air laut yang meluap ke pemukiman warga, saya sebelumnya sudah di telpon oleh Kepala Desa, dan besok petugas kita juga disiagakan di lokasi bencana itu,”kata Buhari.

Ia mengimbau kepada warga Desa Kabau Pantai agar tetap waspada karena kondisi cuaca buruk diperkirakan akan terus berlangsung dalam di akhir tahun ini.(nox/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *