Selamatkan Pulau Pagama, Pemda Kepsul Jangan ‘Tutup Mata’

  • Whatsapp
Pulau Pagama, Kepulauan Sula ditengah Ancaman Abrasi.

KEPULAUAN SULA | beritadetik.id — Keberadaan Pulau Pagama, Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara, meski menawarkan keindahan alam terutama wisata bahari di daerah setempat, namun sayang pulau berpasir putih dan berair jernih itu berlahan mulai hilang dari pandangan.

Ini karena seiring berjalan waktu, pulau yang terletak diantara sebelah timur Pulau Mangoli, dan berdekatan dengan Desa Waisakai, Kabupaten Kepulauan Sula itu, telah terancam punah, karena nyaris tak ada perhatian atau sentuhan dari para pemangku pengambil kebijakan di daerah itu.

“Sebagai Pemuda Kepulauan Sula, hanya bisa berharap pihak Pemerintah setempat, dan juga Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara, untuk memperhatikan Pulau-pulau Kecil yang terancam hilang, termasuk Pulau Pagama di wilayah Sula saat ini,”ujar Moh. Ridha Bafagih, Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Malut, Senin (22/2/2021).

Ia menuturkan, selaku generasi Sula cukup prihatin terhadap ancaman pulau tersebut yang setiap saat mengalami abrasi. “Keberadaan pulau yang nyaris tak terlihat lagi karena faktor abrasi ini, Pemda Sula dan Pemerintah Provinsi harus ambil langkah kongkrit untuk menyelamatkan Pulau bersejarah tersebut,”ujarnya.

Ridha lanjut bilang, kondisi Pulau Pagama ini, dulu menjadi kawasan Wisata, namun sekarang selain wajah indahnya yang mulai pudar, juga ekosistem pelengkap keindahan pulau berpasir putih tersebut seperti karang serta lainya ikut punah dengan sendirinya, akibat abrasi yang melanda pulau itu.

“Pemda harus hadir selamatkan Pulau ini, tidak boleh menutup mata. Ini perlu dan harus, karena Pagama juga dari aspek kebudayaan dan juga pariwisata ikut memberikan catatan atas sejarah Kepulauan Sula di kala itu,”tandasnya.(red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *