Gerakkan Ekonomi Inovatif, Dispar Ternate Perkenalkan Festival To Nonako

Kepala Dinas Pariwisata Ternate, Rustam P. Mahli saat berpose bersama Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.(istimewa).
Kepala Dinas Pariwisata Ternate, Rustam P. Mahli saat berpose bersama Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.(istimewa).

Beritadetik.id – Pemerintah Kota Ternat melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan Festival ekonomi inovatif.

Kegiatan dengan tujuan untuk kemajuan Ekonomi Kreatif di Kota Ternate ini rencana digelar pada tanggal 17-18 Mei 2024, bertempat di Landmark Ternate.

Kepala Dinas Pariwisata Ternate, Rustam P. Mahli mengatakan kegiatan ini pihaknya bakal melibatkan Seluruh pelaku usaha dan komunitas subsektor ekonomi kreatif.

Bacaan Lainnya

“Ini sebagai daya mengangkat kebudayaan serta menguatkan city branding Ternate Kota Rempah pada berbagai potensi local dan program yang berkelanjutan di Kota Ternate,”jelasnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga dapat mendorong seluruh pelaku wisata terus mengikuti perkembangan pasar, berinovasi dan kreatif.

Lebih lanjut, Kadispar menjelaskan, kegiatan yang digagas dengan akronim tononako diambil dari bahasa Ternate “To Nonako” yang berarti aku mengenal, artinya, program ini diluncurkan agar terjadi saling kolaborasi antar para pemangku kepentingan di Kota Ternate untuk berkomitmen bersama membangun ekosistem ekonomi kreatif.

Selain itu to nonako “aku mengenal” juga dipahami sebagai upaya mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Kota Ternate, dengan kekuatan SDM yang dimiliki oleh ternate, program ini diharapkan menjadi salah satu upaya mengenalkan citra kota Ternate di dalam upaya penetapan city branding Kota Ternate itu sendiri.

Dia menambahkan, rangkaian kegiatan ini meliputi Sosialisasi dan Digital Campaign Tononako. Dalam acara ini akan mensosialisasikan dan memperkenalkan program Tononako, bekerja sama dengan komunitas-komunitas mengundang para pelaku dan komunitas Ekraf yang ada berkegiatan di Kota Ternate

Kedua, Submit Proposal, setiap pelaku dan komunitas ekraf yang mempunyai kegiatan yang akan dilaksakan dan diajukan ke program Tononako disubmit melalui website dengan mengisi Format proposal dan Lampiran yang telah disediakan panitia TONONAKO dalam bentuk PDF.

Selanjutnya, Kurasi Proposal yang telah masuk akan dilakukan proses kurasi oleh kurator dimana dipilih proposal yang layak mendapat bantuan dana stimulan dari Tononako dan mempunyai dampak yang luas dan kebermanfaatan yang tinggi untuk masyarakat.

Kemudian Pitching Kurasi 15 Besar Proposal yang terpilih tahap kurasi awal akan diundang untuk pitching presentasi kepada kurator untuk menentukan 15 proposal mana yang akan diberikan dana stimulan Tononako #2

Kelima, Project Report per minggu Proposal yang diberikan dana stimulan akan diminta untuk melaporkan ke pihak Tononako progres proyek masing masing. Hal ini dilakukan untuk melihat sudah sejauh mana proyek yang didanai dan memastikan proyek selesai di waktu yang telah ditentukan.

“Gelar Produk Rangkaian kegiatan Tononako ditutup dengan melakukan gelar produk/pameran pada tanggal 27 April 2024 bertepatan dengan Hari Jadi Pemerintah Kota Ternate,”tandasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *