Piagam Pahlawan Nasional H Salahuddin bin Talabuddin Tiba di Ternate Maluku Utara

Rombongan saat bawa Piagam Pahlawan Nasional ke Makam Alm H Salahuddin bin Talabuddin di kawasan pekuburan Islam Ternate, Kamis 10 November 2022.(Istimewa).
Rombongan saat bawa Piagam Pahlawan Nasional ke Makam Alm H Salahuddin bin Talabuddin di kawasan pekuburan Islam Ternate, Kamis 10 November 2022.(Istimewa).

Beritadetik.id – Piagam Pahlawan Nasional H Salahuddin bin Talabuddin akhirnya dibawa pulang ke Maluku Utara, pada Kamis (10/11/2022).

Piagam tersebut dibawa oleh Bupati Halmahera Tengah Drs Edi Langkara bersama ahli waris usai diterima dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada beberapa waktu lalu.

Kedatangan piagam pahlawan H. Salahuddin bin Talabuddin dijemput oleh ratusan warga masyarakat dari wilayah Halmahera Tengah dan Ternate, sekira pukul 07.30 WIT.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : 

Rekam Jejak H Salahuddin bin Talabuddin, Tokoh Asal Halmahera Tengah Jadi Pahlawan Nasional

Penjemputan yang berlangsung di Bandara Sultan Baabullah Ternate, ratusan warga masyarakat terlihat melakukan konvoi di beberapa titik di wilayah Kota Ternate.

Rombongan juga mendatangi Makam Pahlawan H. Salahuddin Bin Talabuddin yang terletak di Perkuburan Islam, Kecamatan Ternate Tengah, untuk melakukan doa bersama.

Usai membacakan doa di makam Pahlawan Nasional, Alm. H Salahuddin bin Talabuddin, selanjutnya rombongan menuju Pelabuhan Residen dan menyeberang ke Sofifi, untuk melanjutkan perjalanan ke Weda, Kabupaten Halmahera Tengah.

Bupati Halmahera Tengah, Drs. Edi Langkara usai baca doa bersama di Makam H Salahuddin bin Talabuddin mengatakan, Pemda berkewajiban mendorong Alm karena berkontribusi besar terhadap NKRI yang tak bisa diukur secara materi.

Perjuangan H Salahuddin bin Talabuddin secara formal diusulkan oleh Pemda Halmahera Tengah ke pemerintah pusat untuk mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2021.

Dia mengatakan bahwa Haji Salahuddin bin Talabuddin menancapkan bendera merah putih pertama kali di tanjung Ngolopopo, Patani, Halmahera Tengah pada tahun 1941 atau sebelum Indonesia merdeka.

Lebih lanjut Politisi Partai Golkar itu menyebutkan langkah Pemda memperjuangkan H Salahuddin bin Talabuddin untuk mendapat gelar pahlawan nasional banyak melalui  liku-liku.

Edi mengaku secara struktural pihaknya memiliki kendala karena tak didukung dengan perangkat yang maksimal, namun dengan keyakinan dan keikhlasan demi mewujudkan Tokoh H Salahuddin menjadi pahlawan nasional dapat terwujudkan pada tahun ini.

Kesempatan itu Edi Langkara mengatakan Pemda akan menetapkan tanggal dan bulan kelahiran H Salahuddin bin Talabuddin lewat surat keputusan bupati untuk diperingati sebagai hari perjuangan merah putih.

Baca Juga :

Presiden Setujui Salahuddin Bin Talabuddin dan 4 Tokoh Jadi Pahlawan Nasional

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi menganugerahkan gelar pahlawan nasional tahun 2022 kepada lima tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Penganugerahan gelar tersebut berlangsung di Istana Negara di Jakarta pada Senin 7 November 2022.

Presiden Jokowi usai prosesi penganugerahan mengatakan pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara.

Penganugerahan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 96/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 3 November 2022.

Sekedar diketahui, Tokoh Perjuangan merah putih dari Patani, Halmahera Tengah wafat dieksekusi pihak kolonial Belanda pada 6 Juni tahu 1948.(red).

Penulis : Tim
Editor    : Ridwan Arief

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *