Jasa Alm Haji Salahuddin bin Talabuddin tak Bisa Diukur Secara Materi

Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara.(beritadetik.id).
Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara.(beritadetik.id).

Beritadetik.id – Bupati Kabupaten Halmahera Tengah, Drs. Edi Langkara mengatakan jasa Pahlawan Nasional Haji Salahuddin bin Talabuddin terhadap perjuangan NKRI tak bisa diukur secara materi.

Ini disampaikan Edi Langkara usai menggelar doa bersama di makam Pahlawan Nasional, Alm Haji Salahuddin bin Talabuddin di lingkungan pekuburan Islam, Ternate, Maluku Utara, Kamis (10/11/2022).

Dia menyebutkan jejak perjuangan Haji Salahuddin bin Talabuddin dalam melawan penjajahan kolonial Belanda di Maluku Utara tidak bisa diukur baik dari sisi moral dan materi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga :

Piagam Pahlawan Nasional H Salahuddin bin Talabuddin Tiba di Ternate Maluku Utara

Pasalnya dalam catatan sejarah, pada tahun 1928, perjuangan politik H Salahuddin bin Talabuddin melawan Belanda melalui Organisasi SI-Merah (Serikat Islam Merah).

Pada tahun 1947, H Salahuddin bin Talabuddin memimpin perjuangan fisik melawan penjajahan Belanda di Maluku Utara

Haji Salahuddin bin Talabuddin juga tercatat sebagai orang yang pertama kali menancapkan bendera merah putih sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1941 di tanjung Ngolopopo, wilayah Patani.

Atas dasar itu, tokoh perjuangan merah putih dari Patani, Halmahera Tengah yang wafat karena dieksekusi pihak kolonial Belanda pada 6 Juni tahu 1948 diperjuangkan untuk menjadi pahlawan nasional.

Elang menyebutkan Pemda Halteng secara formal secara khusus mengusulkan Haji Salahuddin bin Talabuddin sebagai pahlawan nasional ke pemerintah pusat pada tahun 2021.

Meski begitu, orang nomor satu di Pemda Halmahera Tengah itu mengatakan langkah Pemda memperjuangkan H Salahuddin bin Talabuddin banyak melalui liku-liku.

Baca Juga : 

Rekam Jejak H Salahuddin bin Talabuddin, Tokoh Asal Halmahera Tengah Jadi Pahlawan Nasional

Pasalnya, liku-liku dari proses memperjuangkan Haji Salahuddin untuk mendapat pengakuan negara ini karena secara struktural Pemda memiliki kendala karena tak didukung dengan perangkat yang maksimal.

“Dengan keyakinan dan keikhlasan demi mewujudkan Tokoh H Salahuddin menjadi pahlawan nasional dapat terwujudkan pada tahun ini,”katanya.

Sembari menambakan Pemda Halmahera Tengah akan menetapkan tanggal dan bulan kelahiran H Salahuddin bin Talabuddin lewat peraturan bupati (Perbup) untuk diperingati sebagai hari perjuangan merah putih di bumi Fagogoru.(red).

Editor : Ridwan Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *