Rekam Jejak H Salahuddin bin Talabuddin, Tokoh Asal Halmahera Tengah Jadi Pahlawan Nasional

Profil H. Salahuddin bin Talabuddin | Foto : Istimewa.
Profil H. Salahuddin bin Talabuddin | Foto : Istimewa.

JAKARTA – Haji Salahuddin bin Talabuddin termasuk daftar lima tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah di tahun 2022.

Haji Salahuddin bin Talabuddin merupakan tokoh perjuangan dari Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Haji Salahuddin bin Talabuddin dilakukan oleh Presiden pada 7 November 2022 di Istana Negara.

Bacaan Lainnya

Hal itu seperti disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd, pada Kamis (3/11/2022).

Baca Juga : Presiden Setujui Salahuddin Bin Talabuddin dan 4 Tokoh Jadi Pahlawan Nasional

Untuk mengenal lebih lanjut tentang sosok Haji Salahuddin bin Talabuddin dari Maluku Utara, simak informasi profilnya berikut ini.

Haji Salahuddin bin Talabuddin masuk dalam daftar lima tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 202.

Sebelumnya, nama Haji Salahuddin bin Talabuddin ini sudah diusulkan untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) Provinsi Maluku Utara (Malut).

TP2GP mengajukan nama Haji Salahuddin bin Talabuddin sebagai Calon Pahlawan Nasional (CPN) tahun 2022.

Pemerintah dan rakyat Halmahera Tengah juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat Maluku Utara terhadap usulan CPN Haji Salahuddin bin Talabuddin sebagai Pahlawan Nasional, karena Haji Salahuddin adalah pahlawan kita semua.

Dikutip dari detikcom, Haji Salahuddin bin Talabuddin lahir pada tahun 1874 di Desa Gemia, Patani, Maluku Utara.

Salahuddin bin Talabuddin wafat pada tahun 1948 di Skep Ternate. Berikut ini peran Salahuddin bin Talabuddin bagi Indonesia :

Pada tahun 1928, perjuangan politik H Salahuddin bin Talabuddin melawan Belanda melalui Organisasi SI-Merah (Serikat Islam Merah).

Pada tahun 1941, H Salahuddin bin Talabuddin mengibarkan Bendera Merah Putih di Tanjung Ngolopopo, Patani, Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Pada tahun 1947, H Salahuddin bin Talabuddin memimpin perjuangan fisik melawan penjajahan Belanda di Maluku Utara.

Seperti diketahui, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh pejuang dan pengisi kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk Haji Salahuddin bin Talabuddin.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional itu diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Istana Negara pada tanggal 7 November 2022.

Daftar lima tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2022 itu adalah sebagai berikut:

Dr dr HR Soeharto dari Jawa Tengah
KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dr R Rubini Natawisastra di Kalimantan Barat H Salahuddin bin Talabuddin dari Maluku Utara, KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.

Baca Juga : Pemda Halmahera Barat Usul Banau Jadi Pahlawan Nasional, Begini Respon Presiden Jokowi

Alasan H Salahuddin bin Talabuddin dan empat tokoh ini diberi gelar Pahlawan Nasional karena berdasarkan usulan masyarakat, dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

Mereka dinilai telah ikut berjasa dalam perjuangan mendirikan NKRI. Termasuk Haji Salahuddin bin Talabuddin.

Hal itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11).

Adapun alasan Haji Salahuddin bin Talabuddin dianugerahi gelar Pahlawan Nasional di tahun 2022 adalah karena almarhum Salahuddin bin Talibuddin dinilai telah berjuang dan turut membangun Indonesia berdasarkan Pancasila.

“Beliau pernah dibuang ke Boven Digul tahun 1942 dan juga dibuang ke Sawahlunto tahun 1918-1923,” terang Mahfud.(*).

Penulis : Tim
Editor    : Ridwan Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *