Aktifitas Penerbangan di Bandar Udara Emalamo Sanana Terkendala Maskapai

  • Whatsapp

Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Ibrahim Tidore.

SANANA || Beritadetik.id — Aktifitas Penerbangan di Bandar Udara Emalamo Sanan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dalam setahun terkahir tak bisa dioperasikan karena terkendala maskapai.

“Terkait aktifitas penerbangan yang sudah tak terlihat lagi di Bandar Udara Emalamo Sanan, ini karena izin Penerbagan dari pihak Trigana air sudah habis masa kontrak,”kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kepulauan Sula Ibrahim Tidore, Rabu (5/5).

Terkait hal ini, pihaknya pada beberapa waktu telah melakukan pertemuan dengan beberapa maskapai penerbangan untuk melakukan pelayanan penerbangan dari Kepulauan Sula tujuan Ternate – Sanana dan Sanana-Ambon.

“Maskapai yang sudah kami koordinasikan salah satunya adalah Trigana Air dan Ekspres Air Namun hingga kini belum ada titik terang,”katanya.

Ibrahim menjelaskan, dari hasil koordinasi yang dilakukan, pihak manajemen Trigana air menyatakan siap melanjutkan pelayanan penerbangan di Sanana, akan tetapi mereka masih melakukan pengurusan perpanjangan kontrak. Sementara itu untuk pihak Ekspres Air menyatakan siap membuka rute ke Bandara Emalamo Sanan, dengan syarat harus ada subsidi seat dari Pemda Kepulauan Sula.

“Saat ini tidak ada pilihan lain untuk melayani masyarakat yang berpergian, selain menambah rute penerbangan perintis Susi Air untuk melayani Rute Fala Bisahaya-Sanana-Ternate dan Sanana-Ambon,”imbuhnya.

Disisi lain kata Ibrahim,Pemda juga suda melakukan komunikasi dengan maskapai Komersil Sam air yang melayani Rute Samlaki-Ambon-Namlea.

“Kami telah menghubungi kabin Bandara Namlea untuk maskapai ini masuk melayani rute Sanana-Ternate. Sekarang kami tinggal menunggu persyaratan apa saja yang perlu disiapkan oleh Pemda Sula,”tutup Ibrahim.(min/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *