Perkuat Kerukunan, Markas Tongkonan di Manokwari Diresmikan

  • Whatsapp

Peletakan Batu Pertama Gedung Tongkonan di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (29/5/2021).

Manokwari || Beritadetik.id — Gedung Tongkonan yang bakal dijadikan markas perkumpulan Ikatan Keluarga Toraja (IKT) di tanah Manokwari bakal segera dibangun.

Pembangunan itu ditandai dengan peletakan batu pertama, bertempat di puncak Soribo, Tanah Toraja, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu (29/5).

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari, Hermus Indou, Kepala Badan Ekspanpol Manokwari, Dandim 1801, dan Kapolres Manokwari.

Ketua Ikatan Keluarga Toraja (ITK) Provinsi Papua Barat, Kornelius Mangkali menyampaikan, suda sekian lama masyarakat tanah Toraja Manokwari menantikan gedung Tongkonan yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat perkumpulan masyarakat Manokwari, di Papua Barat.

“Gedung Tongkonan ini juga, akan kami jadikan tempat sentral Perkumpulan Ikatan Keluarga (IKT) dalam rangka membicarakan kerukunan keluarga, budaya, serta adat istiadat kami yang ada di tanah papua barat khusunya kota manokwari,”jelasnya.

Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapakan selamat kepada IKT Provinsi Papua Barat, terkhususnya semua masyarakat Toraja, di Kabupaten Manokwari yang sudah berjuang sampai peletakan batu pertama gedung Tongkonan tersebut.

“Gedung Tongkonan yang di bangun oleh masyarakat Toraja ini adalah bagian dari tempat sentral agar terus mengupayakan melestarikan kebudayaan lokal dan adat istiadat masyarakat Toraja. Kita harapkan apa yang dilakukan oleh Ikatan Keluarga Toraja ini menjadi contoh bagi suku-suku lainnya,”ucap Bupati.

Senada dengan Bupati Manokwari, Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan berharap agar gedung IKT Toraja di Manokwari ini menjadi sentral penyelenggaraan kegiatan pemerintahan adat, tempat upacara, perkawinan, dan juga pemakaman.

“Pembangunan Gedung Tongtonan ini memiliki peran penting bagi suku Toraja, karena itu harus terus dilestarikan hingga sampai pada generasi akan datang,”tutupnya.(riz/red).

Reporter : Rizal Anas
Editor : Darmawan

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *