Terkait Aksi SAMA PATIMURA, Ini Penjelasan Ditreskrimum Polda Malut

  • Whatsapp
Mahasiswa Patani Timur saat Hering bersama Ditreskrimum Polda Malut, Senin (5/4/2021).

TERNATE || Beritadetik.Id — Aksi unjuk rasa Solidaritas Aksi Mahasiswa Patani Timur (SAMA-PATIMURA), Maluku Utara, disambut baik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Maluku Utara, Senin (5/4/2021).

Pantauan beritadetik.id, aksi Mahasiswa Patani Timur yang berlangsung sekitar 1 jam lebih di depan kantor Ditreskrimum Polda setempat, pendemo ikut membacakan tuntutan terkait peristiwa pembunuhan di kawasan hutan Patani Timur, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) pada beberapa waktu lalu.

Salah satu tuntutan yang ikut disuarakan adalah meminta Ditreskrimum Polda Maluku Utara, agar segera melakukan olah TKP di lokasi kejadian dimana tiga warga dibunuh oleh orang tidak di kenal (OTK).

Menanggapi hal itu, pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Maluku Utara, Sinar Samsul saat menemui pendemo mengatakan, kasus pembunuhan yang terjadi tepatnya di kilo 12 kali Gowonle, Kecamatan Patani Timur, saat ini pihak penyidik Polres Halmahera Tengah terus melakukan penyelidikan.

“Saya baru pulang dari Patani setelah lima hari disana bersama dengan Penyidik Polres Halmahera Tengah. Agendanya adalah melakukan penyelidikan atas kejadian ini. Sejauh ini juga penyidik sudah memeriksa 10 saksi termasuk empat saksi hidup,”terangnya.

Selain itu, lanjut Sinar, mengenai olah TKP, pihaknya beberapa waktu lalu sudah merencanakan ke lokasi, akan tetapi terkendala hujan yang terus mengguyur wilayah itu membuat pihaknya menunda dan akan kembali menjadwalkan dalam waktu dekat ke TKP.

“Untuk lokasi pemeriksaan jaraknya kurang lebih 12 kilometer dari pesisir kampung di wilayah Patani Timur ke TKP, karena itu kami butuh waktu,”katanya.

Lebih lanjut, kata Sinar, soal kasus pembunuhan di hutan Patani yang terjadi pada tanggal 20 Maret lalu, pihaknya sangat memperhatikan dan serius untuk mengusut sampai tuntas.

Selanjutnya terkait dengan penambahan personil untuk melakukan penyisiran di hutan Patani, Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pimpinan tertinggi dalam hal ini Kapolda untuk penambahan Personil di wilayah tersebut.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemda Halteng sekaligus menginstruksikan kepada pihak keamanan untuk mengawal aktifitas masyarakat Patani Timur maupun Patani Utara saat ini,”pungkasnya.(awn/red).

Reporter :

Darmawan

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *