Komisi II DPRD Ternate Dukung Penyesuaian Tarif Air

Beritadetik.id – Komisi II DPRD Kota Ternate bersama Perusahan Daerah Air Minum Ake Gaale (Perumda) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait rencana penambahan blok konsumsi dan penyesuaian tarif air bagi pelanggan Kota Ternate, Rabu, 9 Agustus 2023.

“Setelah pembahasan dalam rapat yang disampaikan oleh Perumda, Komisi II sangat merespon baik rencana kenaikan tarif bagi pelanggan air di Ternate,”kata Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate, Mubin A. Wahid.

Alasan Komisi II merespon kenaikan tarif air karena posisi perusahan sekarang ini sesuai dengan hasil audit tahun 2022 mengalami kerugian.

Bacaan Lainnya

Mubin menyebutkan, kerugian yang dialami Perumda ini karena tarif air sangat rendah dibandingkan daerah lain. Sehingga, harus rasional supaya menjaga perusahan tetap eksis melakukan pelayanan dasar masyarakat.

“Diantaranya, menambah blok konsumsi dan tarif air. Tadi setelah kita minta untuk paparkan, ternyata penyesuaian sangat kecil dan kenaikan ini disebabkan ada penambahan blok sehingga ada tarif baru di situ,”ucapnya.

Ia menambahkan, Komisi II DPRD Ternate sangat mendukung penyesuaian tarif, namun catatannya harus mengutamakan pelayanan dasar. Sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat soal kemacetan air.

“Jadi nanti ada pertemuan dengan Wali Kota Ternate untuk kelanjutan pembahasan ini. Tapi yang jelas komisi II DPRD Ternate sangat merespon karena kenaikan ini tidak memberatkan masyarakat,”ujarnya.

Sementara, Plt Direktur Utama Perumda Ake Gaale Kota Ternate, Muhammad Syafei mengaku dalam pembicaraan sebagai mitra bersama Komisi II DPRD, telah disetujui terkait penambahan blok konsumsi dan penyesuaian tarif air

“Alhamdulillah, DPRD Ternate juga ada indikasi dukungan terkait hal ini. Setelah ini secara formilnya akan dilakukan konsultasi ulang dengan Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan DPRD Ternate untuk lebih lanjut,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sebenarnya rencana Perumda soal ini bukan kenaikan tarif, tapi ini bagian dari memberikan edukasi kepada pelanggan yang menggunakan air secara berlebihan. Supaya ada pemakaian air secara hemat.

“Karena ada sebanyak 18 persen pelanggan yang menggunakan separuh air secara berlebihan. Jadi selain memberikan edukasi, kita juga memberi sangsi dengan cara menyesuaikan tarif air bagi pelanggan yang memakai air diatas 40-50 kubik per bulan,” tuturnya.

Ia menambahkan untuk penerapan penyesuaian tarif ini rencananya akan terapkan pada bulan September 2023. Sehingga, setelah ini akan disampaikan dokumen lain dan diserahkan Wali Kota Ternate.

“Jadi karena DPRD Ternate juga merasa alasan penyesuaian tarif ini sangat rasional, sehingga ada dukungan yang diberikan untuk rencana penambahan blok ini,” pungkasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *