Ini Daftar Nama Penumpang KM Sinar Mareto Rute Haltim-Tobelo yang Tenggelam

KM. Sinar Mareto saat tenggelam di perairan Desa Labi - labi, Kecamatan Wasile Utara, Kabupaten Halmahera Timur, Selasa 16 Mei 2023.(Istimewa).
KM. Sinar Mareto saat tenggelam di perairan Desa Labi - labi, Kecamatan Wasile Utara, Kabupaten Halmahera Timur, Selasa 16 Mei 2023.(Istimewa).

Beritadetik.id – Kapal Motor (KM) KM Sinar Mareto rute Halmahera Timur dan Tobelo Halmahera Utara, dilaporkan tenggelam, Selasa, 16 Mei 2023.

Kapal pengangkut 12 orang penumpang, 1 orang Nahkoda dan 1 ABK, dengan muatan 16 Ton Kopra tenggelam di perairan Desa Labi – labi, Kecamatan Wasile Utara, Kabupaten Halmahera Timur.

Peristiwa tenggelamnya kapal tersebut terjadi pada pukul 14:00 WIT, setelah sempat dihantam gelombang tinggi.

Bacaan Lainnya

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman membenarkan insiden laka laut tersebut. Ia menjelaskan, pihaknya menerima laporan pukul 15.25 WIT.

Dia mengaku Tim Rescue Pos SAR Tobelo bergerak menuju LKP untuk melaksanakan evakuasi terhadap korban dengan menggunakan KNP 404 KUPP Tobelo.

“Kapal mengalami kebocoran saat dalam perjalanan dari Halmahera Timur menuju Halmahera Utara,”katanya.

Dijelaskan kapal tersebut mengalami kebocoran di perairan desa Labi-labi Kec. Wasile Utara saat perjalanan dari desa jara-jara Halmahera Timur menuju Tobelo.

“Totalnya 14 orang dalam kapal kayu yang tenggelam ini,” ujar Korpos Basarnas Tobelo, M Rizal Kamis saat dikonfirmasi wartawan.

Ia mengatakan, para korban sebelumnya telah mendapat pertolongan dari para nelayan wilayah setempat.

“Seluruh penumpang dievakuasi ke desa Majiko Tongone, mereka dievakuasi oleh nelayan menggunakan perahu Fiber. Sementara kapal dan muatan dibiarkan hanyut,”jelasnya.

Sementara itu, Nahkoda KM Sinar Mareto, Tein Mailuas menjelaskan pihaknya berangkat dari dermaga Jara-jara, Haltim sekitar pukul 08:00 WIT. Saat dalam pelayaran, kata dia, mesin penghisap air atau Alkon dalam keadaan aktif.

“Nanti pas gelombang baru air masuk, karena gelombang besar-besar, (tinggi) kejadian itu sekitar pukul 14:00 WIT dengan jarak 13 mil,”akunya.

Tein menjelaskan sebelum kapal tenggelam, kurang lebih 3 jam mereka terombang-ambing.

“Jarak dari darat ke titik kapal saat sudah tenggelam, sekitar 18 mil. Kapal hanyut sekitar 3 jam ke arah morotai, dari titik kordinat, didalam kapal hanya ada kompas,”tandasnya.

Diketahui dalam peristiwa ini seluruh penumpang termasuk ABK semuanya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Daftar Nama Penumpang dan ABK Kapal

ABK

1. Tein Mailuas, 31 tahun, Kapten Kapal
2. Irwan Lilipi, 32 tahun, ABK.

Penumpang :

1. Rusna Gorahe 70 tahun
2. Abdul Harit Jauhar 18 tahun
3. Juliati Jauhar 16 tahun
4. Yerna Kaoci 53 tahun
5. Bayu Muslim 48 tahun
6. Karlin Bauronga 37 tahun
7. Yul Abd Rahman 40 tahun
8. Jendrik Sondak 22 tahun
9. Pit Danawaka 57 tahun
10. Joni Wange Malako 68 tahun
11. Yelmina Romoni 53 tahun.
12. Fenti.

***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *