Warga Halteng Murka Luhut Dinobatkan Jadi Sesepuh Masyarakat Gamrange

Pemberian gelar adat kepada Menko Marves Luhut Panjaitan sebagai Sesepuh Masyarakat Gamrange.(Ist).
Pemberian gelar adat kepada Menko Marves Luhut Panjaitan sebagai Sesepuh Masyarakat Gamrange.(Ist).

Beritadetik.id – Netizen Halmahera Tengah menolak pemberian gelar adat kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai sesepuh masyarakat Gamrange.

Penolakan netizen Nuansa Halmahera Tengah terhadap pemberian gelar Sesepuh bagi masyarakat Gamrange kepada Menko Marves itu ramai lewat unggahan status dan komentar oleh sejumlah akun Facebook, Selasa 16 Mei 2023.

Berikut beberapa unggahan status dan komentar geram oleh beberapa netizen di Grup Facebook Nuansa Halmahera Tengah ;

Bacaan Lainnya

Sahwy Agil : Tabea💥 Kami tidak sudi Luhut Binsar Pandjaitan dinobatkan sebagai sesepuh Gamrange. Kami punya sejarah, budaya dan tradisi yang begitu dihargai dan dihormati.

Postingan status yang mendapat puluhan like itu pun dikomentari secara beragam oleh sejumlah warga di grup Facebook Nuansa Halteng.

“Sapa tau Luhut keturunan gamrange,”tulis akun Al-Isra M Saleh.

“Atur sd daratan halteng ini, mo kse palaka k mo kse miring k, tong so tra bisa berbuat apa apa,”tulis akun Wawan Saputra.

“Jgan hanya jabatan dan infestasi menghalalkan segala cara untuk merusak adat kami, pj bupati harus tanggung jawab dan menguraikan silsila pak luhut b panjaitan, penguasa dan pengusaha memegang kendali, maka rakyat di terlantarkan,”sambung akun Marno Hasan.

Di unggahan status lainnya, akun Sahwy Agil menyebutkan penobatan ini satu perbuatan jahat yang dilakukan oleh pj bupati “Ikram Malan Sangadji” yang menobatkan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai sesepu Gamrange.!

Ia menilai Pj Bupati benar-benar menginjak-injak harkat dan martabat masyarakat fagogoru
serta tidak menghargai leluhur masyarakat setempat.

#SaveHutanPatani
#SaveMasyarakatAdat
#SaveHutanAdat
#SaveTolakTambangDidaratanPatani🔥

Unggahan foto berita terkait pemberian gelar Sesepuh Masyarakat Gamrange terhadap Menko Marves yang diposting akun Sahwy Agil itu pun mendapat beragam tanggapan komentar dari sejumlah netizen.

“Itu Semua Dia Lakukan Demi Investasi Yg Kemudian Memperkaya Segelintir Orang, Kegiatan Pj-bupati Halteng Jangan Pernah Membawa Nama Adat Demi Kepentingan Segelintir Orang.! 😁”tulis akun L. Ai Helmi R.

“Mengenai dengan Luhut dinobatkan sebagai sesepuh masyarakat Gamrange, saya sebagai anak fagogoru menolak keras,”tulis akun Nasrullah dalam unggahannya.

“Jangan menolak, karena paitua itu lahir di Maba, Basar di Patani cuma hidup di Weda,”jawab akun El Bharakati.

“Luhut juga turunan dari Sangaji🤣🤣🤣,”tulis akun atas nama Marajabessy.

Sekedar diketahui Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, berkunjung ke Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), Jumat (12/5/2023).

Dalam kunjungan tersebut sekaligus dirinya diberikan gelar oleh Pemda Halteng sebagai Sesepuh Masyarakat Gamrange (Weda-Patani dan Maba).

Kehadiran Luhut di PT. IWIP untuk menyaksikan langsung penanda tanganan komitmen kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dengan IWIP.

***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *