Kembangkan Pariwisata, Pemkot Ternate Kukuhkan Kelompok Sadar Wisata

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengukuhkan  kelompok sadar wisata Andalan, Sabtu 4 Februari 2023.(Foto : Alfian Hattari/beritadetik.id).
Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengukuhkan  kelompok sadar wisata Andalan, Sabtu 4 Februari 2023.(Foto : Alfian Hattari/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengukuhkan  kelompok sadar wisata Andalan. Ini adalah satu program prioritas pemerintah Kota Ternate tahun 2023.

Program ini sebagai upaya pengembangan iklim usaha yang kondusif serta peningkatan daya saing industri kreatif dan UMKM.

Terkait itu, langkah lainnya yang dilakukan adalah peresmian gedung pusat informasi pariwisata kota Ternate.

Bacaan Lainnya

Dia menyebutkan kota Ternate kaya dengan objek destinasi wisata, namun belum ada kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawatnya.

“Pokdarwis Andalan sudah dikukuhkan akan memiliki tugas serta tanggung jawab dalam pengembangan pariwisata di kota Ternate,”ucap Tauhid.

Tauhid juga berharap Pokdarwis Andalan ini dapat menyiapkan dan menyediakan produk wisata baik dalam bentuk makanan, kuliner tradisional maupun kerajinan tangan yang akan dijual ke wisatawan.

“UMKM penting mendukung pariwisata kita utamanya kuliner, sebagian besar kemasan kuliner sudah bagus kemudian secara relasi dagang cukup berjalan, baik secara perdagangan offline maupun online,”katanya.

Selain itu langka yang perlu juga didorong adalah kerajinan, karena kerajinan belum terlalu banyak sehingga perlu ada dukungan semua pihak terutama dari instansi pembina.

“Di kelurahan Tongole hanya ada kerajinan kursi bambu, sedangkan Kasturian ada kain tenun, tapi mungkin ada potensi lain belum digarap,”terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rustam P. Mahli manambahkan, kegiatan ini sudah digambarkan cukup lama.

“Kita berharap kelompok sadar wisata bisa melaksanakan tugas dengan baik,”ujarnya.

Ia menjelaskan 10 kelurahan kelompok sadar wisata yang dibentuk sudah di SK-kan melalui Lurah.

Kelompok ini anggotanya bervariasi ada 15 hingga 25 kelompok sesuai kebutuhan yang ada di kelurahan masing-masing.

Menurutnya, selain pengukuhan dari kelompok sadar wisata ini juga diberikan bantuan berupa 2 kendaraan roda tiga.

“Kendaraan ini diberikan kepada pengelola pantai Sulamadaha dan beberapa peralatan alat kebersihan berupa tempat sampah,”ucap kadis.

Tak itu saja, dalam progran ini juga pihaknya menyediakan pembangunan gedung Tourism Informasi Center (TIC) yang di tempatkan kelurahan Sulamadaha.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *