Lulusan SMA sederajat di Provinsi Maluku Utara Punya Peluang Besar jadi PNS 2023

Ilustrasi Seleksi CPNS 2023.(Istimewa).
Ilustrasi Seleksi CPNS 2023.(Istimewa).

Beritadetik.id – Proses penerimaan CPNS 2023 baru saja dimulai. Pemerintah melalui KemenPAN RB memastikan akan segera membuka pendaftaran CPNS pada tahun 2023.

Untuk itu, KemenPAN RB mulai meminta pemerintah daerah (Pemda) khususnya di Provinsi Maluku Utara untuk mengajukan persyaratan ASN di daerahnya masing-masing, Mulai dari:

– Pendidik

Bacaan Lainnya

– kesehatan,

– administrasi,

– teknologi

– dan lain-lain.

Pasalnya, Informasi pendaftaran PPPK dan CPNS 2023 di Provinsi Maluku Utara, kali ini lulusan SMA sederajat memiliki peluang besar jadi PNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas meminta instansi pemerintah segera mulai mendata dan menetapkan prioritas pemenuhan kebutuhan ASN pada 2023.

Nantinya, dari setiap usulan yang diajukan berbagai pemerintah daerah (Pemda) khususnya di Provinsi Maluku Utara, akan diketahui jumlah kebutuhan ASN sepanjang tahun 2023.

Setelah masing-masing lembaga mengembangkan kebutuhan, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi kebutuhan.

Formasi juga ditetapkan dengan memperhatikan pandangan Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis BKN.

Berikut 4 kebijakan seleksi CPNS dan seleksi PPPK 2023 menurut KemenPAN RB:

1. Fokus pelayanan dasar

2. Kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital

3. Merekrut CASN secara selektif

4. Mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital

“Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital. Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi” kata MenPAN-RB Azwar Anas dalam keterangannya 30 Januari 2023 lalu.

Yang menggembirakan, CPNS 2023 telah dibentuk tidak hanya untuk sekolah negeri, tetapi juga untuk jalur umum khususnya di Provinsi Maluku Utara.

Artinya, lulusan SMA sederajat berpeluang besar menjadi PNS. Namun perlu diperhatikan bahwa penerimaan CPNS melalui jalur sekolah resmi khusus untuk pelamar yang telah lulus SMA atau sederajat khususnya Provinsi Maluku Utara.

Selain itu, ada beberapa instansi pusat dan daerah yang tetap membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA sederajat, seperti:

– Kementerian Hukum dan HAM

MenPAN-RB Azwar Anas mengatakan rekrutmen calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) tahun 2023 sedang dipersiapkan dalam proses seleksi CASN 2022 yang hampir selesai.

Rekrutmen CASN tahun ini meliputi : Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta Pegawai Negeri Sipil Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Terkait formasi, pemerintah tetap fokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Maluku Utara.

Pemerintah juga memprioritaskan talenta digital sebagai bentuk transformasi digital yang saat ini dilakukan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *