Atraksi Barongsai Warnai Imlek di Ternate 

Atraksi Barongsai di Ternate, Minggu 22 Januari 2023.(Foto Alfian/beritadetik.id).
Atraksi Barongsai di Ternate, Minggu 22 Januari 2023.(Foto Alfian/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Atraksi Barongsai mewarnai hari Gong Xi Fat atau Imlek 2574 di wilayah Kota Ternate, Maluku Utara.

Acara ini dilangsungkan di sepanjang jalan revolusi hingga jalan Mononutu, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Minggu (22/1/2023).

Iksan Muhamad warga setempat mengaku, atraksi-atraksi ini adalah hiburan yang di nantikan paska kurung waktu dua tahun tak ditampilkan saat Imlek.

“Saya bersama anak dan istri, jauh-jauh datang dari Kayoa Laromabati Halmahera Selatan ke Ternate karena ingin saksikan atraksi barongsai dalam perayaan Imlek 2023 ini,”akunya.

Xue Shi Klenteng Thian Hou Kiong, Boy Ang menjelaskan setelah pandemi covid-19 melanda sejak tahun 2019, pihak Klenteng Thian Hou Kiong tidak merayakan tahun baru Imlek secara berlebihan.

“Dua tahun kemarin saat wabah Covid-19, kami tidak rayakan tahun baru imlek, sekarang sudah kami rayakan dengan Barongsai dan kembang api,”ucap Boy Ang, Letnan Cina Kesultanan Ternate.

Menurutnya, perayaan tahun baru imlek 2574 kongzili tahun ini, dirayakan cukup meriah karena setelah sembahyang dan ibadah, ada atraksi Barongsai dan pesta kembang api.

“Kami juga berinisiatif menggelar parade Baronsai untuk menghibur masyarakat di Kota Ternate,”sambungnya.

Mantan Kapita Cina di era Sultan Mudafar Syah II itu berharap, atraksi Baronsai yang dilaksanakan warga Konghucu keturunan di Ternate, dapat menghibur masyarakat Kota Ternate.(ian/red).

Pos terkait

IMG-20230208-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *