Pengumuman dan Pengundian 5 Orang Bakal Calon Kades Desa Kedi Halmahera Barat di Tunda

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

Jailolo, Beritadetik.id – Hasil penetapan dan pengumuman yang di sebarkan oleh Panitia Pemilihan (Pilkades) Serantek 2022 Desa Kedi Kecamatan Loloda, Halmahera Barat (Halbar), masalah lagi.

Seperti informasi yang di himpun, Sabtu 23 Juli 2022 oleh Beritadetik.id masala protes ini bermula pada hasil penetapan pengumuman Calon kepala desa oleh panitia Pilkades desa Kedi.

Sesuai dengan informasi yang di sampaikan oleh salasatu warga desa Kedi mengatakan, Tepat Pada hari Rabu, 20 Juli 2022, sekitar Pukul 13.00 Wit bertempat di Desa Kedi Kec. Loloda Kab. Halbar telah terjadi pemprotesan.

Bacaan Lainnya

“Protes itu di lakukan oleh pendukung beberapa calon yang merasa tidak puasa dengan hasil pentepan panitia Pilkades, karena dalam penetapan calon Kepala desa tersebut sesuai dan memihak,” Ucapnya.

Ia menyampaikan, bahwa sebelum hasil penetapan itu di ketahui oleh pendukung saudara Briliyanto Kudiman lewat surat di sebarkan oleh panitia di tempat keramaian dan tempat umum.

“Pendukung saudara Briliyanto ini mengetahui bahwa dalam Pilkades ada lima orang termasuk saudara Briliyanto, dari edaran surat hasil penetapan itu masa pendukung Briliyanto melakukan protes kepada panitia Pilkades desa kedi,” tuturnya.

Kata dia, dari masala protes oleh masa pendukung Briliyanto, juga mengundang amarah beberapa para calon kades sehinga melakukan gugatan dan protes ini kepada panitia terhadap berkas saudara Briliyanto.

“Gugatan dan protes ini di karenakan berkas saudara Briliyanto secara adimistratif cacat, karena dalam berkas diantaranya, Surat keterangan dari DPM-PD tidak memiliki Cap dan Tanggal Penikahan suami istri dalam akta nikah tidak sama,”pungkasnya.

Ia juga membahkan, setelah dari protes, di hari Kamis 21 Juli 2022, Ketua panitia Pilkades saudara Yolhin dan Ketua Panwas Melkias menyampaikan permohonan maaf serta sepakat untuk melanjutkan tahapan pilkades dengan 5 bakal calon kepala Desa.

“Ketua Panitia Pilkades siap untuk melaksanakan pengumuman pengundian nomor ke 5 calon di Desa Kedi pada malam hari, dan untuk waktu pelaksanaan masih menunggu info lanjutan karna akan dibuatkan surat undangan untuk para calon,” tendasnya.

Lanjutnya, Pada hari Kamis, 21 2022 Pukul, 19.00 Wit bertempat di Kantor Desa Kedi Kec. Loloda, pelaksanaan Pengubdian nomor urut calon kepala Desa Kedi kembali ditundah oleh Panitia Pilkades Hinga tanggal 24 Juli, tutupnya. (Bix)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *