PLN Kembali Bangun Anjungan Listrik Mandiri di Ternate

Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) yang dibangun di Mangga Dua Ternate.|| Foto : (Istimewa).

Ternate, beritadetik.id – Hingga saat ini, PLN telah menyediakan 16 unit Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di berbagai pelabuhan di Maluku dan Maluku Utara.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate, Gamal Rizal Kambey menuturkan, 16 ALMA tersebut terdiri dari 5 unit di wilayah Ambon, 4 Unit di Maluku Tengah, 3 Unit di Ternate dan 4 unit di Halmahera Selatan.

Pasalnya, langkah pihak PLN ini sebagai bentuk komitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan dan kelautan melalui program Electrifying Marine dengan membangun Anjungan Listrik Mandiri (ALMA).

Bacaan Lainnya

“Program ini guna mewujudkan komitmen tersebut, PLN terus menambah jumlah ALMA yang dipasang di berbagai pelabuhan, termasuk di Maluku dan Maluku Utara,”jelas Gamal.

Dikatakan menambah jumlah ALMA di Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Pelabuhan Semut Mangga Dua, Kota Ternate yang kini secara resmi telah beroperasi.

Penambahan ALMA di Kota Ternate ini sendiri sebagai upaya PLN dalam mendukung program Smart dan Green Sea Port di Kota Ternate yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Ternate.

“Tentu dengan kehadiran ALMA ini kami berharap dapat menjadi sarana pendukung program yang disusun oleh pemerintah Kota Ternate,”ungkapnya.

Selain itu, lanjut Gamal, pembangunan tambahan ALMA ini sebagai bentuk komitmen PLN untuk mendukung efisiensi operasional para pelaku usaha transportasi kelautan saat berlabuh di pelabuhan dengan merubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik.

Nahkoda KNP 3.24 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku Utara, Rahman Nur Rizal, sebagai salah satu pelaku usaha transportasi kelautan di Ternate memberikan apresiasi atas langkah strategis yang diambil oleh PLN melalui pembangunan ALMA tersebut.

“Dengan adanya sistem kelistrikan yang dapat mendukung operasional di pelabuhan dapat menjadi alternatif strategi dalam melakukan efisiensi sehingga tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,”ucapnya.

Program pembangunan ALMA ini sendiri lahir sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar