Ditolak Warga, Pj Kepala Desa Wainib Kepsul Malah Rombak Struktur Pemdes

  • Whatsapp
Kantor Desa Wainib, Kabupaten Kepulauan Sula, saat dipalang warga menggunakan Cor.

Sanana, beritadetik.id — Belum diterima sebagian masyarakat, Pejabat Kepala Desa Wainib, Kecamatan Sulabesi Selatan, Kepulauan Sula, Ja’far Umanahu sudah bikin ulah dan meresahkan warga.

Pasalnya, Ja’far merombak secara besar-besaran perangkat desa. Mulai dari Sekretaris Desa hingga RT. Misalnya jabatan Sekretaris Desa yang sebelumnya dijabat Saman Duwila digantikan dengan Rusli Umagap yang sebelumnya menjabat salah satu Kepala Seksi (Kasi).

Bacaan Lainnya

Sementara Saman sendiri dinonjobkan Jafar. Jafar hingga sampai saat ini belum diterima sebagian masyarakat Desa Wainib untuk berkantor di Wainib.

Buktinya, saat pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan tunjangan perangkat desa, dibagikan di Kantor Camat Sulabesi Selatan.

Surat Keputusan (SK) pergantian dengan nomor 141/SK/DS/SBS/KS/XI/2021 tersebut resmi diterima para perangkat desa yang baru pada Selasa (16/11) pagi tadi.

Mirisnya, di antara perangkat desa Yang baru tersebut, ada yang menduduki sebagai kepala dusun 03 yang wilayah dusunnya tidak ada. Sebab, Desa Wainib hanya memiliki dua wilayah dusun, yakni dusun 01 dan dusun 02.

Wakil Ketua Pemuda Desa Wainib, Basri Fokaaya mengatakan informasi yang ia peroleh bahwa tugas pejabat kepala desa yang baru hanya melaksanakan pemilihan ulang kepala desa. Karena itu, bagi dia, perombakan aparatur desa dengan SK tertanggal 01 November 2021 itu sangat tendensius.

Oleh karena itu, Sekretaris Pimpinan Desa (Pimdes) Partai Golkar Desa Wainib tersebut meminta Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus agar segera mengevaluasi pejabat kepala desa Jafar Umanahu.

Lain halnya dengan Ridwan Duwila, tokoh pemuda Desa Wainib. Ia menilai perombakan aparatur desa ini akan membuka ruang konflik secara besar-besaran di Desa Wainib.

“Ingat bahwa sebagian masyarakat masih menolak kehadiran Jafar Umanahu di Desa Wainib. Maka perombakan ini dipastikan akan menciptakan konflik baru di Desa Wainib,” tambah Ridwan.

Sementara Pejabat Kepala Desa Wainib Jafar Umanahu belum berhasil dikonfirmasi terkait alasan perombakan perangkat desa tersebut.(red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *