Bibit Siklon Tropis Ancam Wilayah Malut, di Taliabu, Badai Merusak Lapak Penjual Takjil

  • Whatsapp
Lapak para penjual takjil di Kota Bobong berhamburan setelah dihantam angin dengan kecepatan tinggi, Kamis (15/4).

TERNATE || Beritadetik.id — Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Maluku Utara mengimbau warga masyarakat agar waspada terhadap dampak bibit siklon tropis yang diperkirakan ikut melanda sejumlah wilayah di Malut.

Koordinator BMKG Maluku Utara, Djoko Sumardiono mengatakan bibit slikon tropis (94w) di samudra Pasifik, sebelah Utara, Papua (6.6°LU dan 140.6° BT) ikut berpotensi menguat hingga menjadi siklon tropis dalam seminggu kedepan.

Lanjut Djoko, aktifitas gelombang atmosfer diperkirakan aktif pekan kedepan, dengan gelombang Equatorial Rossby akan Mendominasi Indonesia bagian Utara, termasuk Maluku Utara. “Kondisi ini menyebabkan masi ada massa suplai uap air yang mendorong tingkat pembentukan awan-awan konvektif di Maluku Utara,”jelasnya.

Dalam pantau BMKG, wilayah Maluku Utara terdapat enam (6) lokasi yang terkena sasaran dari dampak cuaca ekstrim, yakni, Pulau Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat, Ternate, Tidore Kepulauan, dan Halmahera Timur.

Perkiraan cuaca pada enam wilayah tersebut, menurut BMKG akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang, petir dan tinggi gelombang. “Potensi terukur ; Hujan sedang hingga lebat, sementara peningkatan kecepatan angin 40-60 km/jam, dan tinggi gelombang berkisar 2.25 – 6.0 meter,”ungkap Djoko.

Terkait dengan itu, atas nama BMKG mengimbau warga masyarakat Maluku Utara, agar berhati-hati dalam beraktifitas baik di laut maupun di darat.

Pantauan media ini, angin dengan kecepatan tinggi menghantam wilayah Kota Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu pada Kamis (15/4) siang tadi. Dalam bencana itu, lapak para pedagang di pasar malam Kota Bobong berhamburan di badan jalan.

Sebelumnya pada Kamis dini hari tadi, hujan lebat diikuti angin dengan kecepatan tinggi juga ikut melanda Kota Ternate dan sekitarnya.(awn/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *