Daya Tampung Darul Arqam Muhammadiyah Ternate Diperluas

SERTIPIKAT : Drs H Ishak Jamaluddin (tiga dari kiri) secara simbolia menerima sertipikat dari pemilik lahan usai dilakukan pelunasan.(*).
SERTIPIKAT : Drs H Ishak Jamaluddin (tiga dari kiri) secara simbolia menerima sertipikat dari pemilik lahan usai dilakukan pelunasan.(*).

TERNATE – Rencana penambahan daya tampung jamaah Masjid Darul Arqam Muhammadiyah di kelurahan Makassar Barat, mulai ada titik terang.

Hal itu menyusul Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Maluku Utara (Malut), bersama Pimpinan Muhammadiyah Daerah (PDM) Kota Ternate, telah bertemu dengan pemilik lahan di belakang Masjid Darul Arqam, kemudian menyepakati terkait proses peralihan kepemilikan lahan.

Ketua PWM Malut, Drs H Ishak Jamaluddin, mengaku, memang soal daya tampung Masjid Darul Arqam di Kampung Makassar, sudah lama diagendakan untuk dilakukan perluasan.

Bacaan Lainnya

Hal ini menyusul kapasitas daya tampung masjid yang terbatas dengan jumlah jamaah yang makin hari makin banyak, mengharuskan Pengurus Muhammadiyah di daerah untuk bagaimana mengatasi hal tersebut.

“Alhamdulillah, setelah membicarakan dengan pemilik lahan, kami dari PWM dan PDM kemudian menyepakati terkait mahar yang diminta pemilik lahan. Dan akhir pekan lalu, kami kemudian melakukan pelunasan,”katanya.

Selain itu pihaknya juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, yang banyak memberikan kontribusi hingga anggaran perluasan lahan masjid bisa terpenuhi.

Ishak, menambahkan, untuk pembangunan perluasan Masjid Darul Arqam, akan dibicarakan lebih lanjut.

Terpisah, Ismar Juma, Sekretaris PDM Kota Ternate mengatakan, saat ini lahan yang berada tepat di belakang Masjid Darul Arqam, sudah resmi menjadi aset Muhammadiyah.

“Kami sedang mengurus terkait administrasi pemindahan kepemilikan lahan. Kita upayakan dalam waktu dekat surat kepemilikan tuntas,” jelas Ismar.

Ditambahkan Erwin Syam, Ketua Badan Ta’mir Masjid Darul Arqam, pembebasan lahan untuk perluasan daya tampung, juga tidak lepas dari peran jamaah dan warga sekitar.

“Mewakili pengurus Masjid, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada jamaah dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dengan berdonasi mengumpulkan dana untuk pembebasan lahan di belakang masjid, semoga ini menjadi amal jariah” tutup Erwin.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *