Wali Kota Tauhid Pimpin Upacara Hajat 773 Ternate Pakai Bahasa Ternate 

Beritadetik.id – Pemerintah Kota Ternate merayakan upacara Puncak Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-773 dengan tema ‘Ternate Bersih, Ternate Sehat’ yang berlangsung di halaman kantor wali kota daerah setempat, Jumat 29 Desember 2023.

Pantauan beritadetik.id, perayaan Hajat 773 tampak seluruh rangkaian upacara memakai bahasa Ternate, tak hanya bahasa Ternate. Para petugas upacara dan para seluruh unsur Forkompimda mengunakan baju khas Ternate.

Walikota Ternate M. Tauhid Soleman menyampaikan peristiwa singkat sejarah Ternate dimasa lalu, tentu tak lepas dari perjuangan untuk bebas dari penjajahan atau kolonialisme bangsa asing yang ditandai dengan kehadiran bangsa Portugis di Ternate.

Bacaan Lainnya

Tauhid menyampaikan, Ternate adalah tanah yang dihiasi oleh jejak sejarah yang megah, kini berdiri kokoh di usia yang mengesankan. Sejak masa kejayaan rempah- rempah hingga zaman modern ini, Ternate terus tumbuh dan berkembang sebagai pusat keberagaman dan kekuatan budaya.

“Hari ini, ketika kita menyambut HAJAT ke-773. Sebagai wargaTernate, kita memiliki tanggung jawab bersama untuk membangun masa depan yang lebih gemilang. Dalam perjalanan ini, mari kita rayakan keberagaman yang menjadikan Ternate sebagai rumah bagi berbagaisuku, agama, dan budaya.” Ujar Tauhud dalam sambutanya

Oleh sebab itu, kata dia. beragaman ini adalah harta kita, yang membuat kota ini semakin kaya dan dinamis. “Kita semua, sebagai warga Ternate haruslah mengikat tatanan perilaku dengan nilai-nilai Kie se Gam Magugugu ma Titi Tomdi didalamnya terdapat Adat se Atorang.

“Ini adalah bukti ketahanan dan kekuatan kita sebagai komunitas yang memiliki kearifan lokal yang luar biasa,”imbuhnya.

Dia bilang untuk menciptakan Ternate yang lebih baik, lebih hijau, dan lebih sehat. Ternate Bersih mengajak kita untuk merawat keindahan alam dan
memulai gerakan bersama membersihkan setiap sudut kota ini dari sampah.

“Mari kita tingkatkan kesadaran akan lingkungan, bukan hanya sebagai tanggung jawab pemerintah, tetapi sebagai komitmen bersama kita. Ternate Sehat, bukan hanya soal tubuh yang bugar, tetapi juga kesejahteraan masyarakat,”ujar Tauhid.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *