Target Infrastruktur di 2023 Capai 80 Persen, Pemda Taliabu Gandeng BPJN Maluku Utara

Kantor Bupati Kabupaten Pulau Taliabu.(Foto : Ist/beritadetik.id).
Kantor Bupati Kabupaten Pulau Taliabu.(Foto : Ist/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, melalui Dinas PUPR terus menggenjot infrastrukur jalan yang menjadi program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Aliong Mus – Ramli (AMR).

Salah satu cara mempercepat proses pembangunan itu, Dinas PUPR Taliabu mendorong sejumlah ruas jalan untuk dibangun oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku Utara.

Terdapat tiga ruas jalan yang rencana dibangun tahun ini adalah jalan Nggele – Lede, Lede – Todoli dan Todoli-Tikong, Kecamatan Taliabu Utara.

Bacaan Lainnya

Pembangunan tiga ruas jalan di Kabupaten Pulau Taliabu itu telah tertuang dalam surat direktur sistem dan strategi penyelenggaraan jalan dan jembatan nomor PR 0204-Bp/164 tanggal 02 Februari 2023.

Kepala Dinas PUPR Taliabu, Suprayidno mengatakan, pembangunan tiga ruas jalan tersebut telah diusulkan sejak tahun 2022.

PUPR Taliabu mengusulkan beberapa ruas jalan Kabupaten, namun hanya tiga yang masuk longlist. Proses pengusulan melalui tahap verifikasi awal dengan berbagai data yang disiapkan.

“Karena kriteria penilaian untuk lolos longlist ada banyak indikator yang harus terpenuhi,” kata Suprayidno belum lama ini.

PUPR Taliabu optimis kedepan pengusulan yang lolos verifikasi bertambah, tidak hanya tiga ruas jalan. Sebab, pihak BPJN Maluku Utara siap memfasilitasi daftar stock program usulan DAK 2023.

“Jadi Balai akan fasilitasi program usulan yang tidak ter-cover anggarannya pada DAK 2023,” terangnya.

Atas keberhasilan itu, PUPR Taliabu kini tengah mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. “Tahapan sekarang melengkapi dan update dokumen teknis,” ucapnya.

“Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Jalan Maluku Utara dan staf, yang telah mengakomodir usulan dari Kabupaten Pulau Taliabu,” pintanya.

Hal ini merupakan bukti kerja keras PUPR Taliabu dalam mengaregasi seluruh program prioritas yang dicita-citakan oleh periode pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Aiong Mus – Ramli.

“Langkah PUPR Taliabu dalam melakukan percepatan pembangunan infrastruktur ini karena di tahun 2023 kita  menargetkan pembangunan harus tuntas 80 persen,”pungkasnya.(*/red).

Editor : Ridho Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *