Peringati Isra Mi`Raj 1444 Hijriah, Bupati James Minta Tingkatkan Budaya Toleransi

Bupati James Uang saat membuka kegiatan Isra Mi'raj, bertempat di Aula Bidadari, Kantor Bupati Halbar, dibuka Bupati James Uang, Selasa (21/2/2022). || Foto : Humas Halbar.
Bupati James Uang saat membuka kegiatan Isra Mi'raj, bertempat di Aula Bidadari, Kantor Bupati Halbar, dibuka Bupati James Uang, Selasa (21/2/2022). || Foto : Humas Halbar.

Beritadetik.id – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat memperingati Isra Mi’raj 27 Rajab 1444 Hijriyah.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Bidadari, Kantor Bupati Halbar, dibuka Bupati James Uang, Selasa (21/2/2022).

Acara ini mengusung tema “Momentum Isra Mi’raj Sebagai Sarana Memperkuat Semangat Persaudaraan Dan Solidaritas Dalam Mewujudkan Halmahera Barat Yang Religius Dan Sejahtera.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kegiatan tersebut ikut dihadiri Sekda Halbar, penceramah Ustadz Saleh Sakolah, Unsur Forkopimda, dan pimpinan OPD.

Bupati Halbar James Uang dalam sambutannya mengajak agar selalu menjaga silaturahmi dan mempererat hubungan antar sesama umat beragama di Kabupaten Halmahera Barat.

Bupati bilang, Peristiwa Isra Mi’raj merupakan suatu peristiwa yang sangat penting bagi umat islam.

Dimana dalam peristiwa tersebut nabi Muhammad SAW menerima petunjuk ilahi tentang perintah kewajiban sholat lima waktu kepada umat islam.

“Bagi pemerintah daerah Halbar, perintah melaksanakan sholat lima waktu kepada umat islam, bukan hanya sekedar menjadi kewajiban ritual semata, akan tetapi sholat lima waktu adalah bagian dari kehidupan umat islam,”ujarnya.

Sebab, kata dia, di setiap agama, perintah ibadah adalah bagian dari nafas kehidupan. Karena hal ini juga merupakan pengamalan dari sila pertama yakni ketuhanan yang maha esa.

“Saya mengharapkan agar setiap kegiatan perayaan kegamaan apapun itu harus menjadi kegiatan pemersatu bagi seluruh lapisan masyarakat di daerah ini,”harap James.

Dia juga mengajak kepada kaum muslimin di wilayah Halbar untuk selalu meningkatkan hubungan silaturahmi antar sesama umat serta meningkatkan budaya toleransi.

Selain itu dirinya mengajak warga masyarakat Halbar agar menjaga sikap saling menghargai dan terus melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan semua pemeluk agama di Halbar.

Terpisah, Kabag Kesra dan Tenaga Kerja Halbar Sania Tuarita yang juga selaku ketua panitia Isra Mi’raj menambahkan, bahwa dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan isra mi’raj ini.

“Dan lebih khusus untuk Bupati Halbar, Wakil Bupati Halbar serta Sekda Halbar yang juga turut membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,”pungkasnya.(nia/red).

Peliput : Rusnia Dale
Editor   : Ridho Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *