Maluku Utara Segera Punya Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an, AGK : Pembangunan Sudah Jalan

Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) || Foto Istimewa.

Sofifi, beritadetik.id – Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) cabang Maluku Utara di Sofifi dalam waktu dekat bakal segera di bangun.

Pembangunan ini setelah sebelumnya dilakukan peletakan batu pertama Rektor PTIQ yang juga sekaligus Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. DR. KH. Nasaruddin Umar, di Sofifi, Minggu 12 Juni 2022.

Hal ini disampaikan Gubernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba (AGK) saat menghadiri peresmian Masjid di Kecamatan Malifut, Minggu kemarin.

Bacaan Lainnya

AGK mengatakan pendirian kampus PTIQ di Sofifi merupakan berkah dari pembicaraan saat kedatangan imam besar Masjid Istiqlal di acara STQ Nasional di Sofifi tahun 2021 lalu.

 

 

“Dengan keyakinan bahwa Sofifi akan menjadi tempat yang tepat untuk pengembangan kampus PTIQ maka dilakukanlah tahap awal pembangunannya,”ucap AGK.

Gubernur bahkan meyakini bahwa pada bulan September 2022, pemerintah Provinsi sudah bisa lakukan pendaftaran mahasiswa baru, meski saat ini belum rampung pembangunannya.

“Sekarang kita bisa gunakan salah satu gedung berlantai dua di Sofifi untuk dijadikan kampus sementara,”ujarnya.

 

 

Gubernur dua periode itu bilang soal masalah tenaga pengajar, pihaknya telah menyiapkan 10 calon doktor dan tenaga pengajar untuk mengajar di PTIQ Sofifi tersebut.

“Sebagai tuan rumah, kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Imam Masjid Istiqlal atas dukungan dan kerjasama sehingga kampus ini siap dibangun,”sambung AGK.

Ketua Yayasan Darul Ulumul Khairaat, M. Tariq Kasuba mengatakan, pembangunan kampus atau PTIQ di Sofifi ini adalah buah dari hasil pertemuan antara Gubernur dan Rektor PTIQ saat STQ Nasional di Sofifi tahun lalu.

 

 

“PTIQ Maluku Utara akan menjadi wadah dalam memerangi kejahatan, kezaliman, terorisme dan radikalisme di Bumi Moloku Kie Raha,”ungkap Thariq.

Sementara, Rektor PTIQ, Prof Nasaruddin Umar dalam sambutannya menjelaskan, sesuai Permendikbud nomor satu tentang persyaratan studi kampus utama, maka PTIQ sangat memenuhi syarat untuk di bangun di Sofifi.

“Yang pasti ada 10 orang pengajar gelar doktor dan juga pendamping dosen dari IAIN atau UIN Ternate. Soal kampus ini telah terakreditasi A,”jelasnya.(fic/red).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *