Jelang Lebaran, KSOP Ternate Perketat Setiap Pelabuhan, Ada Syarat Vaksin dan PCR

Mudik lebaran di pelabuhan Ahmad Yani Ternate.(istimewa).

Ternate, beritadetik.id – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, menyiapkan sejumlah posko pelayanan mudik Lebaran 2022 di sejumlah pelabuhan di wilayah Kota Ternate.

Kasie Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Ternate, Miraza Polpoke mengatakan, pihaknya sudah mulai membentuk Posko untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada minggu ini.

“Tinggal seminggu lagi menjelang lebaran Idul Fitri, jadi kita lebih konsentrasi di Sanana untuk pelabuhan Ahmad Yani,”kata Miraza Senin, 25 April 2022.

Bacaan Lainnya

Ia mengaku, kepala kantor KSOP Agustinus sudah melakukan rapat kordinasi dengan instansi terkait dan perusahaan pelayaran agar tidak terjadi kelebihan penumpang pada saat keberangkatan kapal.

“Untuk kesiapan alat keselamatan kapal juga sudah di sediakan dengan baik dan mudah di jangkau,” tambahnya.

Miraza mengatakan, Berdasarkan Surat Edaran Satgas Covid 19 Nomor 16 tahun 2022. Perjalanan menggunakan transportasi laut antar Kabupaten Kota, dan Provinsi wajib memperhatikan sejumlah persyaratan.

“Persyaratan itu diantaranya, (1.)Jika telah melakukan Vaksin dosis tiga, maka tidak perlu melakukan PCR atau Antigen,”katanya.

Selain warga yang melakukan mudik wajib Vaksin dosis dua, serta harus mengantongi hasil RT- PCR negatif 3×34 jam atau hasil Negatif Antigen 1×24 jam.

Tidak itu saja, lanjutnya, untuk Vaksin dosis pertama, warga harus mengantongi RT-PCR negatif 3×24 jam.

Ia menjelaskan, sebelum mudik lebaran ini, pihaknya sudah melakukan room cek atau mengecek kelayakan kapal berlayar di 18 kapal dan itu bisa dipakai untuk berlayar.

“Jadi dari hasil laporan yang dilakukan, terdapat 18 kapal yang masih layak operasi. Laporan kelayakan juga sudah disampaikan kepada Dirjend Perhubungan Laut,” tutupnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *