Defisit dan Refocusing Bikin Pusing Pemkot Ternate, Wali Kota : Program Tetap Jalan

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.|| Foto : (Istimewa).

Ternate, beritadetik.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate kembali dibenturkan dengan defisit dan kebijakan refocusing anggaran dalam tubuh APBD Tahun Anggaran 2022.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengatakan, upaya menghadapi defisit anggaran di tubuh APBD 2022, pihaknya akan memprioritaskan program yang sifatnya urgen.

“Nanti dilihat, program yang tidak terlalu urgen akan kita sesuaikan melalui pertimbangan keuangan daerah kita,”katanya, Jumat (4/3/2022).

Bacaan Lainnya

Tauhid menjelaskan, defisit APBD yang terjadi saat ini karena bawaan dari 2020-2021 kemarin. Selain itu juga faktor pembiayaan kegiatan tidak berimbang dengan pendapatan.

“Sebetulnya ini bukan refocusing, namun istilahnya melihat kembali program yang tidak terlalu urgen, agar disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah saat ini,”jelasnya.

Sementara Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menambahkan, pihaknya akan melihat anggaran pada beberapa OPD untuk dilakukan refocussing.

“Soal nilai atau besaran anggaran yang nanti di refocusing, itu dari keuangan yang akan melakukan penyesuaian. Yang jelas tidak semua OPD terkena refocusing ini,”ucap Rizal.

Rizal juga menjelaskan bahwa akan dilihat ada beberapa OPD yang program kegiatannya bisa disesuaikan dengan catatan tidak bisa semua program dipangkas.

“Jika bulan Juni atau bulan Agustus anggaran yang sudah masuk dan ditambah ada pendapatan yang masuk, ini akan menutupi defisit,”ungkapnya.

Informasi yang dihimpun beritadetik.id, nilai defisit APBD Kota Ternate tahun Anggaran 2022 mencapai pada angka Rp 70 miliar lebih.(ian/red).

🔴 Video Bentrok Suporter Bola di Tidore : 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *