Sempat Ilegal, Buruh Pelabuhan Nggele Pulau Taliabu Akhirnya Terdaftar

  • Whatsapp
Pengurus Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Mai Topoassa Baangkita (MTB) Desa Nggele, Kecamatan Taliabu Barat Laut.|| Foto : (Mohri/beritadetik.id).

Bobong – Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Mai Topoassa Baangkita (MTB) Desa Nggele, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu, resmi dioperasikan, Rabu (28/7/2021).

Ketua Koperasi TKBM MTB Sarifudin mengatakan, kehadiran koperasi yang bergerak di bidang jasa pelabuhan ini bertujuan untuk menata para buruh pelabuhan agar teratur dan terorganisir secara baik dan efektif.

Bacaan Lainnya

“Koperasi ini selain bergerak di bidang jasa pengangkutan barang, koperasi TKBM MTB yang mengusung slogan “Maju Bersama” ini juga bergerak dalam jasa simpan pinjam dan usaha perdagangan sebagai usaha tambahan bagi anggota,”katanya.

Menurutnya, koperasi yang resmi dioperasikan ini dibentuk sejak November 2020 lalu, namun baru dapat dioperasikan pada tahun ini.

“Menyangkut legalilitas TKBM di Pelabuhan Nggele sudah lengkap, mulai dari Akta Notaris, SK Kemenkumham, NIB, Izin Usaha, NPWP, Surat Keterangan Domisili Koperasi serta buku rekening atas nama koperasi itu sendiri,”jelas Sarifudin.

Diketahui, buruh pengangkut barang di Pelabuhan Nggele sudah lebih 6 tahun bekerja di pelabuhan di wilayah setempat tanpa ada legalitas dan perlindungan hukum.

“Alhamdulillah, saat ini dengan hadirnya koperasi TKBM yang dikelola secara bersama dan berkelompok ini, dengan sendirinya  melegalilasasi para buruh tersebut,”tandasnya.(mri/red).

Reporter : Mohri
Editor : Tim Redaksi

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *