Pemda Halut Diminta Mencontoi Kepedulian Presiden NHM Kepada Warga

  • Whatsapp

Ketua DPD KNPI Halut, Takdir Barakati

HALUT – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) diminta mencontohi kinerja Presiden Direktur PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) Haji Robert.      

“Peran dan kontribusi Presiden Direktur PT. NHM terhadap warga Masyarakat Halut cukup luar biasa, tidak hanya membenahi rumah warga di lingkar tambang yang tak layak, melainkan juga membantu warga miskin yang sakit dan lainya. Sementara Pemda Halut, warga berteriak meminta keadilan pembangunan seperti di Kao Barat dan sejumlah Kecamatan lainya justru Pemda terkesan bisu,”kata Ketua DPD KNPI Halut Takdir Barakati, kepada beritadetik.id

Menurut Takdir, Pemda Halut selaku pengelolaan anggaran daerah, mestinya berbuat lebih. Setidaknya buka mata dan malu terhadap aksi-aksi dan gerakan sosial oleh Haji Robert kepada warga masyarakat Halut Selama ini.

Dia juga menilai masalah pembangunan yang berkaitan kepentingan publik terutama di wilayah lingkar tambang Gosowong ini seakan akan pemerintah lepas tangan dan hanya berharap kepda pihak NHM.

“Kita lihat saja warga di Kao Barat, selama ini mereka meminta perhatian akses jalan, jembatan, jaringan Telekomunikasi dan lainya, namun, Pemda seakan cuek dan menutup mata,”tutur Takdir.       

 Ia menambahkan, sikap Pemda Halut yang tidak memiliki kepekaan secara sosial ini juga terlihat saat bencana kebakaran Gereja Imanuel di Desa Gamsungi, Kecamatan Tobelo pada beberapa waktu lalu.        

“Saat itu respon pertama ke publik adalah Presiden Direktur NHM, yang mana ia menegaskan akan membangun kembali gereja yang terbakar itu. Pertanyaan berikut pemerintah Halut dimana dan buat apa.? Kok dari NHM yang respon duluan ketimbang Pemda. Ini Pemda harus tahu diri dan malu,”imbuhnya.         

Sembari menegaskan, rakyat tidak selamanya harus bergantung kepada pihak luar selain APBD yang menjadi hak rakyat yang mestinya menjadi asupan melalui kebijakan pembangunan dan lainya dari Pemerintah.(bur/red).        

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *