Pleno KPU Morotai Diwarnai Protes dari Saksi Terkait Perselisihan Suara

Beritadetik.id – Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 oleh KPU  Pulau Morotai, diwarnai aksi protes dari saksi.

Pleno yang berlangsung di Jababeka Resort, Desa Juanga Kecamatan Morotai Selatan, pada Jumat (1/3/2024) dipimpin Ketua KPU Morotai, Irwan Abas dan didampingi empat komisioner serta dihadiri Bawaslu, sejumlah saksi Parpol dan PPK.

Irwan Abas kepada beritadetik.id, menyampaikan Pleno Kabupaten telah berjalan dan KPU belum bisa menyatakan bahwa adanya perselisihan angka-angka.

Bacaan Lainnya

“Pleno belum final masih berjalan kita mengikuti mekanismenya. Karena itu PPK lebih mengetahui prosesnya secara berjenjang,”ungkapnya.

Kata Dia, Pleno KPU ini tindak lanjuti dari pada Pleno PPK dan semua kejadiannya sudah terdokumentasi secara jelas.

“Soal perselisihan angka-angka dalam pleno ini bukan pada hasilnya, melainkan perolehan hak pilih karena DPT, DPTB, dan DPK. Mungkin ini menjadi kelalaian petugas dan sudah diselesaikan di tingkat Kecamatan,”jelasnya.

Sementara, Irwan Abas menjelaskan bahwa di tingkat Kabupaten hanya mensinkronkan kembali terkait perbedaan angka.

“Jadi kalau ditemukan di Pleno Kabupaten maka diselesaikan hari ini juga kemudian dibawa ke tingkat KPU Provinsi,”bebernya.

Selain itu soal keberatan para saksi Parpol, di dalam Pleno KPU. Kata Dia, pihaknya selalu terbuka menerima dan akan menyelesaikan di tingkat Pleno Kabupaten.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *