Tim RKPDes Morodadi Pulau Morotai Resmi Dibentuk

Beritadetik.id – Telah dilaksanakan pembentukan Tim penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Morodadi, Kecamatan Morotai Selatan Pulau Morotai, pada Rabu (26/23).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua BPD Desa Morodadi Jufri Tae dihadiri Pendampingan Desa Amirudin Jule, para perangkat Desa, anggota BPD dan sejumlah tokoh masyarakat.

Tim RKPDes sebanyak 7 orang kata Johan Mordiono Kepala Desa Morodadi kepada beritadetik.id, Jum’at 28 Juli 2023 itu mekanismenya memakai sistem musyawarah untuk menentukan Ketua tim.

Bacaan Lainnya

Setelah disepakati Asrum Suriadi SE, menjadi ketua tim dan Sekretarisnya Muhammad Abrori beserta anggota tim RKPDes.

Dimana tugas mereka adalah mengalih usulan-usulan dari warga yang mau dianggarkan di 2024 lewat Dana Desa (DD) dalam rangka pembangunan dan kemajuan Desa Morodadi.

“Apabila ada usulan warga yang mendesak dianggap penting dan strategis tidak ada dalam RPJMDes maka akan di serap dan di musyawarahkan dalam Musrenbang Desa,”terang Johan.

Menurutnya, agar tidak salah mengunakan dana desa dan tidak menyalahi aturan yang berlaku dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Misalkan sesuai dalam RPJMDes seperti peningkatan kualitas jalan, pembangunan drainase, perawatan lampu jalan dan termasuk dibiayai untuk meningkatkan pembangunan Polindes,”ungkapnya.

Kemudian diluar dari program fisik kata dia, Pemerintah Desa lebih cenderung pada pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. “Ketika pemberdayaan kita coba untuk meningkatkan maka pertumbuhan ekonomi masyarakat desa bisa stabil,”akunya.

Lanjut Kades, dirinya memberi kesempatan pada tim RKPDes paling lambat antara 1-2 bulan kedelapan untuk merangkum seluruh usulan-usulan warga.

“Melaksanakan suatu pembangunan di Desa harus sesuai prosedur atau ikut tahapan-tahapan yang diatur dalam undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 beserta turunannya,”tandasnya.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *