Dinas Pertanian Ternate Cek Kesehatan Hewan Kurban

Kadis Pertanian Kota Ternate, Tamrin Marsaoly
Kadis Pertanian Kota Ternate, Tamrin Marsaoly

Beritadetik.id – Dinas Pertanian Kota Ternate menerjunkan Tim Satuan Tugas (Satgas) untuk memeriksa Hewan Kurban.

“Tim pemeriksa hewan kurban ini untuk memastikan hewan kurban yang nanti sembeli tidak terjangkit penyakit PMK,”kata Kadis Pertanian Kota Ternate, Tamrin Marsaoly, Selasa(27/06/23)

Menurutnya pihaknya tak hanya fokus pada PMK, namun syarat hewan kurban harus memiliki kriteria, seperti hewan memiliki cukup umur untuk dikurbankan yakni berusia 1 tahun.

Bacaan Lainnya

Selain itu hewan kurban juga harus memiliki tubuh yang sehat, hewan harus betina, dan memenuhi syarat yang telah dianjurkan Balai Karantina.

“Jadi hewan kurban itu harus umurnya 1 tahun ke atas, fisiknya sehat, seperti tidak mengalami penyakit pada bagian kulit, bagian giginya harus bersih, intinya harus melewati pemeriksaan dari pihak karantina,”ujarnya.

Meski begitu, kata Thamrin sampai saat ini di Kota Ternate, masih berada pada zona hijau artinya tidak ada penyakit dari hewan.

Thamrin mengaku tim dari dinas sudah diterjunkan ke setiap masjid di Kota Ternate untuk memantau dan memastikan kondisi setiap hewan korban yang saat ini diterima pihak panitia.

“Kita harapkan semua hewan kuran yang sudah dimiliki panitia kurban memenuhi syarat agar nantinya dikomsumsi masyarakat juga sehat,”tandasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *