129 Siswa di Ternate Ikut Pra PPDB Online 

Ruslan Mustafa
Ruslan Mustafa

Beritadetik.id – Sebanyak 129 siswa  mengikuti Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ketua Panitia PPDB, Ruslan Mustafa mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan ini dalam rangka penerimaan siswa baru tahun 2023-2024 untuk tingkat PAUD, SD dan SMP Negeri/swasta Kota Ternate.

Dikatakan pelaksanaan penerimaan di peserta didik baru untuk di Kota Ternate tingkat SD dengan tipe online dan offline itu disepakati dalam rapat.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang SMP Disdik Kota Ternate itu menjelaskan sekolah yang melaksanakan online 6 sekolah dasar dan 6 sekolah SMP masing-masing perwakilannya di kecamatan.

Untuk Ternate Utara perwakilannya SD Negeri 38 dan SD Negeri 44, Ternate Tengah SD Negeri 1 Ternate, SD Negeri 6 serta Ternate Selatan SD Negeri 21 dan SD Negeri 31.

Sementara penerimaan siswa baru online untuk tingkat SMP itu, Ternate Utara SMP Negeri 2 Kota Ternate, SMP Negeri 5 Kota, Ternate Tengah SMP Negeri 1 Kota Ternate SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 7 untuk Ternate Selatan hanya SMP Negeri 4 Kota Ternate.

Untuk di tingkat SMP, Disdik masih mengacu pada Permen Nomor 1 tahun 2021 tentang penerimaan siswa baru. Untuk penerimaan siswa baru online kita memakai dengan adanya tipe zonasi 70% tipe prestasi 15%.

“Penerimaan siswa baru online tingkat SMP ada tiga tipe, yaitu prestasi, afirmasi dan luar kota. Tipe prestasi adalah nilai-nilai ataupun hasil dari para siswa itu sendiri ataupun lomba lomba debat bahasa Inggris, tipe afirmasi itu adalah orang tua yang tidak mampu,”jelasnya.

Menurutnya Pra PPDB online di dinas pendidikan ini tidak serta-merta mereka langsung lulus tidak namun mereka daftar di sekolah mulainya nanti pada tanggal 3, 4 dan 5 Juli tapi link penerimaan juga sudah ada bisa di rumah maupun di tempat lain.

“Jadi siswa yang tidak lolos zonasi diknas juga sudah menyiapkan sekolah yang terima offline seperti SMP 3 itu akan di tampung,”sambungnya.

Dijelaskan pula untuk pra penerimaan siswa baru hari pertama yang berprestasi 69 peserta, afirmasi 15 peserta dan luar kota 13 sedangkan hari kedua, prestasi 20 peserta, afirmasi 5 peserta, luar kota 7 peserta.

“Ini sudah tergabung siswa SD maupun SMP karena daftar hanya satu link Akses link pendaftaran, http://PPDBdisdikternate.id” tandasnya.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *