IWIP Tingkatkan Keterampilan Karyawan Melalui Pelatihan SIO

PT. IWIP saat memberikan pelatihan alat berat kepada karyawan.(Foto : Humas IWIP).
PT. IWIP saat memberikan pelatihan alat berat kepada karyawan.(Foto : Humas IWIP).

Beritadetik.id – PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) memberikan kesempatan kepada karyawan guna mengikuti pelatihan untuk memperoleh Surat Izin Operator (SIO).

Pelatihan tersebut diperuntukkan bagi operator alat berat seperti Dump Truck, Loader, Excavator, maupun Forklift ini sudah dimulai sejak 2022.

Saat ini total karyawan yang telah mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 560 orang yang terbagi dalam lima angkatan.

Bacaan Lainnya

Pada 31 Mei 2023 lalu, sebanyak 120 karyawan yang tergabung dalam angkatan kelima dinyatakan lulus.

General Manager HR IWIP, Rosalina Sangaji mengatakan, pelatihan SIO ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan karyawan.

Hal ini juga sekaligus juga mencegah, mengurangi, bahkan menghilangkan risiko kecelakaan kerja.

“Program ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengoperasikan alat berat dengan aman dan efisien,”ucapnya.

Dalam pelatihan yang dilakukan selama empat hari tersebut, para peserta mengikuti tiga tahap penting, yakni pemberian materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), ujian praktik lapangan, dan ujian teori.

Tak hanya meningkatkan keterampilan karyawan, pelatihan ini juga memiliki standar dan akreditasi nasional. Tentu, kata Rosalina, ini merupakan kualifikasi yang berharga bagi karir karyawan di masa depan.

“Kami senang angkatan kelima ini menambah daftar panjang karyawan IWIP yang telah tersertifikasi. Insya Allah pelatihan ini akan dilakukan rutin setiap bulan,” kata Rosalina.

Adapun instruktur dalam pelatihan ini berasal dari berbagai pihak, seperti Tenaga Ahli K3, Disnaker Sulawesi Selatan, dan Disnaker Maluku Utara.

Salah satu peserta pelatihan, Fikram S Ohorella menilai kegiatan seperti ini sangat penting.

Menurutnya pelatihan ini memberikan manfaat yang sangat berarti dalam pengembangan keterampilan dan meningkatkan pemahaman mereka tentang keselamatan kerja.

“Terima kasih kepada IWIP karena sudah melaksanakan pelatihan SIO. Bagi kami, pelatihan ini sangat penting untuk meningkat kemampuan pengoperasian kami,”akunya.

Menurutnya materi tentang K3 sangat penting dalam menambah pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana melakukan pekerjaan dengan aman.

Tentang IWIP 

Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) merupakan kawasan industri terpadu pengolahan dan penambangan berbasis nikel yang terletak di Weda Tengah, Halmahera Tengah, Maluku Utara.

IWIP didirikan pada 30 Agustus 2018, perusahaan ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sekaligus Objek Vital Nasional dengan berbagai fasilitas utama termasuk pelabuhan, airport, pembangkit listrik, smelter dan akomodasi.

Saat ini IWIP memperkerjakan 43.000 karyawan yang mayoritasnya berasal dari Maluku Utara.(rls/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *