Temui Pemdes Loleba Wasilei Selatan, AMAN Maluku Utara Gelar Sosialisasi

AMAN Maluku Utara saat menggelar sosialisasi bertempat di balai desa Loleba, Kecamatan Wasilei Selatan, Senin 29 Mei 2023.(Foto : Fic/beritadetik.id).
AMAN Maluku Utara saat menggelar sosialisasi bertempat di balai desa Loleba, Kecamatan Wasilei Selatan, Senin 29 Mei 2023.(Foto : Fic/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Maluku Utara mengelar kegiatan sosialisasi di balai desa Loleba, Kecamatan Wasilei Selatan, Senin (29/5/2023).

Ketua AMAN Malut Yafet Hongot mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan tentang peran aman di tengah masyarakat.

Menurutnya AMAN sebagai organisasi yang menaungi keberadaan masyarakat adat, tentu mengedepankan independensi dalam perjuangannya.

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini organisasi AMAN di Indonesia beranggotakan 2.304 orang di seluruh Indonesia, dengan jumlah kurang lebih 17 Juta masyarakat adat,”katanya.

Ia mengatakan masyarakat adat memiliki atas tanah dan kedaulatan tanah dan kekayaan alam, kehidupan sosial yang di atur oleh hukum adat dan lembaga adat.

“Terkait hal ini, kedatangan kami ke desa Loleba untuk memberikan pemahaman tentang apa itu Aliansi Masyarakat Adat (AMAN) dan bagaiman masyarakat bisa mengenal identitas dan historinya,”ujarnya.

Kepala Desa Loleba, Kecamatan Wasile Selatan, Rafles Oni Nalnde mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas kedatangan AMAN di desa tersebut.(fic/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *