Pemda Morotai Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2024

Pj Bupati Pulau Morotai Muhammad Umar Ali saat buka Musrenbang tingkat Kabupaten, Selasa 18 April 2023.(Foto : Ul/beritadetik.id).
Pj Bupati Pulau Morotai Muhammad Umar Ali saat buka Musrenbang tingkat Kabupaten, Selasa 18 April 2023.(Foto : Ul/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Pemerintah Pulau Morotai resmi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten tahun anggaran 2024.

Kegiatan Musrenbang RKPD tersebut berlangsung di lantai dua ruang aula kantor Bupati Pulau Morotai, Selasa 18 April 2023.

Pj Bupati Pulau Morotai Muhammad Umar Ali dalam sambutannya mengatakan Musrenbang ini untuk mematangkan rencana kerja pembangunan daerah.

Bacaan Lainnya

“Rancangan yang di susun berdasarkan komplikasi seluruh rancangan Renja SKPD yang dihasilkan melalui serangkaian kegiatan Musrenbang,”ungkapnya.

Menurutnya, mulai dari tingkat Kecamatan hingga forum perangkat daerah (Forkopimda) dan Musrembang RKPD 2024 dengan cara meninjau keserasian antara rancangan Renja SKPD yang dihasilkan.

Dengan itu digunakan untuk pemuktahiran rancangan RKPD dengan merujuk kepada rencana pembangunan daerah 2023-2026.

“Undang undang nomor 25 tahun 2004 Pasal 1 Ayat (1) menyatakan, bahwa perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat,”ujarnya.

Hal itu melalui urutan pilihan dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia, sumber daya tersebut adalah potensi, kemampuan dan kondisi lokal.

“Termasuk anggaran yang dikelola dan dimanfaatkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga perlu didukung oleh pengelola pembangunan yang partisipatif,”jelas Umar Ali.

Kemudian pada tataran pemerintah diperlukan perilaku Birokrasi yang jujur, terbuka bertanggung jawab dan demokratis.

Selain itu pada tataran masyarakat kata Pj Bupati Umar Ali perlu dikembangkan mekanisme yang memberikan peluang dan peran serta masyarakat dalam proses pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama.

Umar Ali bilang, salah satu arena pengambilan keputusan secara partisipatif dalam kebijakan daerah adalah musyawarah perencanaan pembangunan.

Lanjut dia, Musrenbang ini juga merupakan arena strategis bagi para pihak merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar yaitu Eksekutif, Legislatif dan kalangan masyarakat serta Swasta.

Sementara itu tempat pembangunan Pulau Morotai 2024 menurutnya, adalah memacu pembangunan infrastruktur dasar dan ekonomi untuk pertumbuhan serta pemerataan.

“Pembangunan yang merata menjadi kata kunci utama dalam tema pembangunan Pulau Morotai 2024 mendatang,”pungkasnya.(ul).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *