Jelang Idul Fitri 1444 H, PLN UIW MMU Tingkatkan Kualitas Layanan Pengaduan Pelanggan

Pelatihan upskilling bagi petugas Command Center, Selasa (18/4/2023).
Pelatihan upskilling bagi petugas Command Center, Selasa (18/4/2023).

Beritadetik.id – PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) mengadakan program pelatihan upskilling bagi petugas Command Center, Selasa (18/4/2023).

Adapun program yang diikuti secara hybrid ini digenjot PLN sebagai upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, terutama dalam hal layanan pengaduan konsumen yang disampaikan melalui PLN Mobile maupun call center 123.

“Kegiatan upskilling operator di Command Center ini kami lakukan untuk mendukung layanan di PLN Mobile dan wadah lainnya demi peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik dalam hal peningkatan pelayanan pengaduan dari sisi pelanggan,” ujar Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Maman Sulaeman.

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini berfokus pada peningkatan kemampuan berkomunikasi para petugas Command Center, dengan menghadirkan Pemateri yang handal dibidangnya, Enny Parinussa.

Sulaeman menyebutkan, sebagai Operator Command Center sudah sepatutnya memiliki kemampuan komunikasi yang handal. Kerap dihadapkan dengan aduan pelanggan, seorang Operator Command Center harus mampu memahami dengan menjadi pendengar yang baik, dan mengkomunikasikan tanpa bertele-tele kepada pelanggan.

Untuk diketahui, PLN Mobile sebagai media yang menghubungkan pelanggan dengan operator Command Center telah memperoleh bintang 4.9 di Play Store.

Salah satu indikator perolehan bintang itu adalah layanan pengaduan konsumen yang ditangani secara professional.

Harapan kami bahwa Citra PLN akan lebih baik kualitas pelayanannya juga semakin meningkat dengan adanya bukti dari pelanggan kita yang akan menilai bahwa layanan kita itu ratingnya akan lebih baik.

Saat ini tercatat bahwa rating berada pada angka 4,9 dan harapannya bisa mencapai bintang 5.

Lebih lanjut dia berharap, melalui pelatihan upskilling ini dapat meningkatkan kualitas penanganan pengaduan para operator Command Center sehingga pelanggan pun turut terpuaskan dengan layanan ketika menyampaikan aduan terkait gangguan system kelistrikan melalui PLN Mobile.

“Dengan adanya upskilling bagi para operator di command center kita bisa buktikan kualitas pelayanan terhadap pelanggan akan jauh lebih baik dari segi komunikasi awal, eksekusi, hingga penyelesaian.

Apalagi sekarang momennya adalah bulan Ramadhan dan sebentar lagi kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri, sehingga kualitas pelayanan harus ditingkatkan agar kepuasan pelanggan juga dapat meningkat ” pungkasnya.(adv).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *