Mendagri Tunjuk Umar Ali Jadi Pjs Bupati Morotai, Julham : Keputusan Sangat Tepat

Muhammad Umar Ali

Morotai, beritadetik.id – Penunjukan Sekretaris Daerah (Sekda) M Umar Ali sebagai Pejabat Bupati Kabupaten Pulau Morotai oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dinilai sudah tepat.

“Keputusan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sudah sangat tepat menunjuk Sekda Umar Ali sebagai Pjs Bupati. Kita yakin keputusan Mendagri ini dalam rangka stabilitas dan efektifitas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai,”ucap Eks Pokja Bupati, Julham kepada beritadetik.id, Jumat (20/5/2022).

Selain memenuhi ketentuan dan syarat Sekretaris Daerah (Sekda) M Umar Ali sebagai Pejabat Bupati hal ini juga bakal lebih menjamin kelangsungan program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah (Pemkab) Pulau Morotai ketimbang Pejabat dari luar yang punya visi baru.

Bacaan Lainnya

“Saya pikir soal tarik menarik Pjs Morotai ini tidak harus di besar-besarkan, karena penunjukan langsung Sekda sebagai Pjs Bupati Morotai oleh (Mendagri) saya rasa tidak terlepas dari ketentuan dan syarat,”ungkap Julham.

Disebutkan Kabupaten Pulau Morotai yang masuk dalam wilayah Kawasan Ekonomi Khusus dan klasifikasi kawasan strategis Daerah Perbatasan, sehingga Penunjukan Langsung Sekda sebagai Pjs Bupati oleh Mendagri sudah sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 1 Tahun 2018.

Dikatakan dalam permendagri Nomor 1 Tahun 2018 telah dijelaskan pada pasal 5 ayat 3 (tiga) bahwa dalam hal kepentingan strategis nasional, Menteri dapat menunjuk langsung Pjs Bupati/Walikota tanpa usul Gubernur.

“Saya menyarankan agar tak perlu banyak berpolemik dan beropini yang tidak produktif karena masih ada hal lain yg harus dipikirkan demi kepentingan Daerah setelah masa transisi pemerintahan,”tutupnya.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *