Nelayan Tuna Morotai Butuh Rumpon

YouTuber Totobe Nelayan Ikan Tuna Pulau Morotai, Yaksir Mandea (Kameja Putih). | Foto: (Istimewa).

Morotai, beritadetik.id – Nelayan Tuna Pulau Morotai, Taksir Mandea meminta pemerintah daerah memberikan bantuan rumpon bagi para nelayan di wilayah setempat.

Yaksir Mandea, warga Desa Tanjung Saleh, RT 4 /RW 2, Kecamatan Morotai Utara, saat ditemui mengatakan, masalah rumpon menjadi kendala bagi nelayan saat melakukan penangkapan ikan di wilayah Morotai saat ini.

“Sebagai nelayan, kami sangat membutuhkan bantuan pemerintah daerah dalam hal mendorong icon atau bantu anak muda kreatif yang memiliki potensi untuk mengembangkan daerahnya di berbagai sektor, terutama sektor nelayan (perikanan) dan pariwisata,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Olehnya, Yaksir, dirinya sangat berharap agar Pemkab Morotai segera menambah Spot atau bantuan Rumpon untuk segera ditambah, kalau tidak Nelayan Tuna akan semakin menurun hasil pendapatan mereka.

“Karena ikan tuna adalah jenis ikan yang tidak tetap, malah dia hanya bisa bersama tuna lainnya yang sering berada di sekitaran Rumpon,”terangnya.

Yaksir juga menginginkan, bahwa pulau Tabailenge harus dijadikan tempat memancing ikan-ikan besar.

“Caranya adalah pemerintah lakukan konservasi atau pemeliharaan ikan di pulau Tabailenge sekaligus dibudidayakan, pengawasan, dan pengamanan agar ikan-ikan besar bisa muncul, karena itu mahal, dan belum ada di Indonesia ini,”jelas Yaksir.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *