Waspada…! Ancaman Lingkungan di Lingkar Tambang PT IWIP

  • Whatsapp
Kali Kulojaya, Weda Tengah, Halmahera Tengah, saat berubah warna menjadi kuning, Senin (11/10/2021).|| Foto : Fiki/beritadetik.id).

Halteng, beritadetik.id – Kali SP3 Kulojaya di kawasan lingkar tambang PT. Weda Bay Industrial Park (IWIP), Halmahera Tengah, Maluku Utara, mengalami perubahan warna dari bening menjadi kuning.

Perubahan warna air ini diduga karena dampak dari aktifitas tambang yang beroperasi di kawasan hutan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Perubahan wara air kali di Kulojaya, Weda Tengah, ini terjadi pada Senin (11/10/2021) siang,”ucap Fiki Idris, warga setempat.

Dikatakan, kali Trans Kobe yang selama ini digunakan untuk mandi dan keperluan rumah tangga, sekarang hanya tinggal kenangan.

“Jika dulu warga biasa makan dan minum di kali Trans Kobe dan menikmati air yang jernih, kini kenangan itu telah sirna seiring perubahan warna air yang menguning saat ini,”tuturnya.

Terkait masalah itu, dirinya meminta perhatian dari pihak terkait agar mencari solusi mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi.

“Kita takutkan perubahan warna air yang didua limbah beracun ini mengalir ke kali besar Akejira. Jika itu terjadi, maka ini sagat berbahaya bagi kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah lingkar tambang,”tutupnya.(red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *