Bangunan Pustu Tiley Pantai Bak Kandang Kambing, Pemda Morotai Pura-pura buta

Bangunan (Pustu) di Desa Tiley Pantai Kecamatan Morotai Selatan Barat, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dibiarkan terbengkalai.

Beritadetik.id – Bangunan (Pustu) di Desa Tiley Pantai Kecamatan Morotai Selatan Barat, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dibiarkan terbengkalai.

Pantauan beritadetik.id, Minggu 23 Juni 2024, terlihat bangunan Pustu yang dibangun menggunakan APBD tersebut tidak terurus.

Terlihat pula rata-rata fasilitas yang ada di dalamnya diantaranya kamar tidur, WC, Dapur, Pintu, dan atap kini sudah hancur serta bagian belakang pada bangunan itu tergenang air.

Bacaan Lainnya

” Di dalamnya sudah rusak semua, dinding juga sudah retak akibat tidak difungsikan,”ungkap salah seorang warga Desa Tiley Pantai kepada wartawan.

Terpisah, Kepala Desa Tiley Pantai Nolvi Tatangindatu mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Pulau Morotai terkait kondisi Pustu tersebut.

“Pustu itu belum sempat dilakukan pembayaran kepada pemilik tanah. Namun sudah terlanjur dibangun pada tahun lalu, juga ada sedikit masalah di internet Pemerintah Desa lama. Sehingga sampai sekarang belum dibayar,”ungkapnya.

Menurutnya, hal ini sudah dimusyawarahkan bersama BPD bahwa pihak Pemerintah Desa membuat perubahan. Karena ada permintaan pemilik lahan Rp 4 juta nanti akan dibayarkan dan dijadikan sekretariat BPD.

Nolvi bilang, dirinya pernah didesak oleh Kepala Puskesmas Tiley untuk menempatkan petugas kesehatan di Pustu itu. Namun alasan dia struktur bangunan tersebut sudah tidak layak digunakan.

Selain itu, pihak Pemdes Tiley Pantai juga telah membuat permintaan pembangunan untuk Pustu baru terhadap Dinas Kesehatan Pulau Morotai.

“Dari Dinas Kesehatan sendiri sudah minta kami Pemdes siapkan lahan. Karena pihak mereka siap membangun,”ujar Nolvi Kades Tiley Pantai.(ul).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *