176 Mahasiswa Unipas Morotai Diwisuda, 4 Orang Masuk Lulusan Terbaik

Dosen Unipas, Dr Irawati Saban
Dosen Unipas, Dr Irawati Saban. (Ist).

Beritadetik.id – Sebanyak 176 orang mahasiswa Universitas Pasifik (Unipas) Morotai mengikuti wisuda Sarjana Angkatan ke-V Tahun Akademik 2023.

Dari jumlah mahasiswa yang wisuda, 4 orang diantaranya masuk dengan lulusan terbaik (Cumlaude).

Program Wisuda Sarjana Angkatan ke-V Tahun Akademik 2023 berlangsung pada Gedung Islamic Center (GIC), Daruba, Ibukota Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Sabtu 19 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam wisuda tersebut Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Dr Janjte E Lekatopessy serta Pj Bupati Morotai, M Umar Ali.

Dosen Unipas, Dr Irawati Saban mengatakan perubahan perguruan tinggi tersebut adalah adanya indikator utama yang bertumpu pada Indikator Kinerja Utama atau disingkat IKU Perguruan Tinggi yang terdiri dari 8 IKU.

Yaitu: (1) Lulusan mendapatkan pekerjaan yang Layak, (2) Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, (3) Dosen berkegiatan diluar kampus, (4) Praktisi mengajar didalam kampus, (5).

Kemudian hasil kerja dosen digunakan Masyarakat dan mendapat rekognisi internasional, (6) Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, (7) Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, dan yang terakhir (8) Program studi berstandar internasional.

Transformasi pendidikan tinggi ini terjadi menurutnya dapat bertumpu pada 3M yakni, Mutu Kurikulum, Mutu SDM dan Mutu Lulusan.

“Secara esensial kebijakan kampus merdeka adalah dalam rangka perluasan otonomi, kemandirian, percepatan birokrasi kampus dan peningkatan inovasi perguruan tinggi maka mutlak dijalankan kebijakan,”paparnya.

Ia pun menambahkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, perhatian saat ini harus berubah dari penjaminan mutu menjadi budaya mutu.

“Universitas Pasifik Morotai dapat merespon dengan cepat kemajuan teknologi digital 4.0 (four point zero) dengan mempersiapkan program-program Tridharma yang dilaksanakan dengan 8 Indikator Merdeka Belajar Kampus Merdeka agar terus melaju untuk Indonesia Maju,”harapnya.(ul/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *