Buka Musrenbang Kabupaten, Bupati Aliong Tekankan 6 Prioritas Pembangunan Tahun 2024

Bupati Taliabu Aliong Mus saat buka kegiatan Forum RKPD dan Musrenbang Tingkat Kabupaten, Selasa 14 Maret 2023.(Foto : Istimewa)
Bupati Taliabu Aliong Mus saat buka kegiatan Forum RKPD dan Musrenbang Tingkat Kabupaten, Selasa 14 Maret 2023.(Foto : Istimewa)

Beritadetik.id – Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus resmi membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembang) tingkat Kabupaten tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung Baru Kantor Bupati Pulau Taliabu, Selasa (14/3) dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, serta unsur Forkompimda di wilayah setempat.

Bupati Taliabu, Aliong Mus dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Selain itu penyelengaraan Musrenbang RKPD ini juga merupakan penjabaran tahun ketiga dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Dearah (RPJMD) Pulau Taliabu tahun 2021-2026.

“Dalam RPJMD tersebut untuk mencapai visi mewujudkan Masyakat Kabupaten Pulau Taliabu yang Unggul, Berakhlak Mulia, Mandiri dan Sejahtera,”jelasnya.

Bupati dua periode itu menguraikan beberapa isu strategis dan permasalahan pembangunan yang masih dihadapi sampai saat ini di wilayah tersebut.

Permasalahan itu kata Bupati, tentunya berkaitan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat untuk pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar pembangunan, selain itu belum optimalnya pemanfaatan potensi unggulan daerah.

“Berangkat dari isu strategis itulah, maka, Tema pembangunan, yaitu ‘Mewujudkan Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia dan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Penguatan Daya Saing Ekonomi Masyarakat yang Inovatif,”jelas Politisi Golkar itu.

Aliong lanjut menguraikan, tema pembangunan dimaksud mengarahkan Pemda Pulau Taliabu untuk lebih fokus pada lima prioritas pembangunan di tahun 2024.

Lima prioritas itu, pertama tentang pembangunan sumberdaya manusia melalui peningkatan cakupan akses dan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan. Kedua, pembangunan infrastruktur dasar untuk transportasi dan pemukiman.

Selanjutnya poin ketiga tentang peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui penguatan sektor pertanian, perikanan, pariwisata, dan UMKM.

Keempat, pengentasan kemiskinan ekstrem. Kelima, pelestarian lingkungan hidup dan ketahanan bencana, dan Keenam, peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih inovatif.

Dalam akhir sambutan ini, Bupati Aliong juga meminta penaganan Stunting di Pulau Taliabu agar terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

Langkah ini penting guna mempertahankan prestasi dan penghargaan sebagai kabupaten yang berhasil menurunkan angka prevalensi stunting hingga 11,5 persen pada tahun 2022 lalu.

“Penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Pulau Taliabu dalam program penanganan stunting tersebut harus dipertahankan,”pungkasnya.(adv/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *