Dukung Sektor Perikanan, PLN Hadirkan ALMA di Pelabuhan Feri Gorua Halmahera Utara

Pemasangan ALMA di Pelabuhan Feri Desa Gorua, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara
Pemasangan ALMA di Pelabuhan Feri Desa Gorua, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Jumat, 8 Juli 2022. (Foto Istimewa).

Dengan kehadiran ALMA di Halmahera Utara ini, total PLN telah hadirkan 20 ALMA di Maluku dan Maluku Utara

Beritadetik.id – PT PLN (Persero) menghadirkan ALMA di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Langkah ini sebagai komitmen PLN dalam mendukung sektor perikanan dan kelautan.

“Kehadiran Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) ini sebagai bagian dari penggunaan energi bersih dan efisiensi operasional kapal di pelabuhan,”kata Manager PLN UP3 Tobelo, Maryudin Saleh, Jumat 8 Juli 2022.

Bacaan Lainnya

Maryudin menjelaskan, pemasangan ALMA ini dilakukan tepatnya di Pelabuhan Feri Desa Gorua, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Baca Juga :

PLN Bangun 17 Unit Anjungan Listrik Mandiri di Halmahera

“Dengan kehadiran ALMA di Halmahera Utara ini, total PLN telah hadirkan 20 ALMA di Maluku dan Maluku Utara,”ungkap dia.

Lanjutnya, kehadiran ALMA bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional kapal sandar rute TobeloPulau Morotai di pelabuhan feri tersebut, khususnya di sisi efisiensi.

“Implementasi ALMA ini menjadi inovasi PLN dalam bidang Electrifying Marine. Selain itu juga membantu usaha transportasi kelautan agar dapat melakukan efisiensi di biaya operasionalnya,”jelasnya.

Dikatakan aktifitas kapal saat berlabuh di pelabuhan dengan mengubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik yang tentunya lebih bersih dan hemat.

Selain itu dia mengatakan PLN UP3 Tobelo juga membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di pelabuhan feri tersebut. SPLU dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dan masyarakat dalam beraktivitas di pelabuhan.

Baca Juga :

PLN Kembali Bangun Anjungan Listrik Mandiri di Ternate

“Kami akan memanjakan kebutuhan listrik pelanggan di Pelabuhan Feri Gorua ini dengan menghadirkan ALMA dan SPLU. Kapan pun, energi listrik tersedia untuk aktivitas masyarakat di Pelabuhan Feri Gorua,”tutup Maryudin.(red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *