Spirit Ela-Ela dan Merawat Kebudayaan Pulau Taliabu

Pembukaan Festival Ela-Ela di Taman Bobong, Pulau Taliabu, Sabtu 30 April 2022. ( Foto : beritadetik.id).

Bobong, beritadetik.id – Ratusan warga masyarakat di Desa Bobong dan Wayo, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu antusias mengikuti lomba festival ela-ela yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di wilayah setempat, Sabtu (30/4/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Taman Bobong, Ibu Kota Kabupaten Pulau Taliabu, sekira pukul 21.00 WIT, dibuka oleh Wakil Bupati Ramli serta dihadiri Ibu Bupati selaku Ketua Tim Penggerak PKK Taliabu,  Hj. Zahra Yolanda Aliong Mus.

Bacaan Lainnya

Acara Festival yang melibatkan antar dusun di Desa Bobong dan Wayo itu mengusung tema ; Spirit Ela-ela dan pemajuan Kebudayaan’.

“Kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan malam takbir atau sehari menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H/2022 M,”kata Ketua Panitia Festival, Sukrin La Sanya.

Dikatakan, kegiatan ini adalah perdana dilakukan dan akan terus dilestarikan untuk merawat nilai-nilai kearifan lokal di wilayah Pulau Taliabu.

“Kegiatan Festival ela-ela tahun 2022 baru kita libatkan dua desa yakni Bobong dan Wayo. Karena itu di tahun akan datang kita libatkan semua desa di wilayah Pulau Taliabu,”ungkapnya.

Sembari menambahkan, tujuan dari festival ini sendiri untuk melestarikan budaya dan juga tradisi para leluhur di masa lalu khusus umat muslim dalam setiap malam ke 27 Ramadan atau Lailatul Qadar.(red).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.