Dua Bulan 183 Satgas Kebersihan di Halmahera Barat ‘Gigit Jari’

Adrisal Hena

Jailolo, beritadetik.id – Petugas Kebersihan di lingkungan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Kabupaten Halmahera Barat dalam dua bulan terakhir belum digaji.

“Sudah dua bulan, yakni Januari – Februari 2022 kami penyapu jalan dan pengangkut sampah serta para sopir mobil angkutan sampah belum digaji,”ucap salah satu petugas kebersihan setempat kepada beritadetik.id, Selasa (8/3).

Kepala Dinas (Kadis) Perkim dan DLH Halmahera Barat, Adrisal Hena dikonfirmasi Selasa (8/3/) di ruang kerjanya mengatakan, gaji para petugas kebersihan yang belum digaji tersebut disebabkan karena beberapa petugas kebersihan tidak memiliki rekening Tabungan.

Bacaan Lainnya

“Yang belum terima gaji itu karena mereka (petugas kebersihan) belum memiliki rekening tabungan, sehingga Pemda terkendala untuk melakukan permintaan ke Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Halbar,”ucap Adrisal.

Ia juga menyebutkan gaji dari 183 satgas kebersihan yang belum dicairkan itu selama dua bulan yaitu terhitung bulan Januari dan Februari. Sedangkan untuk Desember 2021 sudah dibayarkan oleh Pemda.

“Kami tadi juga konfirmasi ke bagian keuangan yang masih terlambat gajinya ini bagaimana, karena kami juga menunggu bisa repot juga. Tadi (Selasa,red) ada staf saya berkoordinasi dengan pihak Keuangan untuk dicari jalan keluarnya,”jelas dia.

Adrisal juga mengaku, pihaknya hingga saat ini telah mengkroscek terkait pembuatan rekening dari satgas sendiri ada beberapa yang belum buka rekening.

Disentil terkait besaran gaji perbulan untung para Satgas Kebersihan di lingkup Pemkab Halmahera Barat, Adrisal mengaku gaji satgas itu bervarasi. Yang jelas belum mencapai standar UMR, karena disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.(bix/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *