Penyakit HIV/AIDS di Ternate Makin tak Terkendali, Nurbaiti : 234 Orang Sudah Meninggal Dunia

Ternate, beritadetik.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara, mencatat sebanyak 600 orang terjangkit penyakit HIV/AIDS.

“Data ini tercatat sepanjang 2007-2022. Penyebarannya didominasi perilaku sex bebas,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaiti Marajabessy, Kamis (20/1/2022).

Nurbaiti menjelaskan, dari 600 orang yang terjangkit penyakit HIV/AIDS tersebut, semuanya tak bisa disembuhkan. Penyebabnya belum ada obat untuk menangani penyakit ini.

Bacaan Lainnya

“Karena belum ada obat mencegah penderita HIV/AIDS, sehingga tidak ada yang sembuh dalam penanganannya,”ucapnya.

Dikatakan, dalam proses konseling mendalam, diketahui para pengidap HIV/AIDS ini rata-rata telah melakukan hubungan seks bebas.

“Data pasien HIV/AIDS yang di rawat di Rumah Sakit Umum Chasan Boesoire Ternate berkisar 225 orang. Sementara yang tidak ingin dirawat sebanyak 170 orang lebih. Untuk yang sudah meninggal dunia sebanyak 234 orang,”jelasnya.

Ditambahkan, dari data 600 pasien HIV/AIDS mayoritas usia produktif dengan umur 25 Tahun sampai 45 Tahun, serta latar belakang sosial yang berbeda, mulai dari pasangan suami istri, pegawai swasta, tukang ojek, ASN dan lainnya.(ian/red).

VIDEO TOLAK TAMBANG EMAS, WARGA OBI NYARIS RICUH :

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *