Menag RI Buka STQN 2021 di Maluku Utara

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas membuka acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXVI tahun 2021 di Sofifi, Sabtu (16/10/2021) malam.

Sofifi, beritadetik.id – Presiden Joko Widodo melalui Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas secara resmi  membuka Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXVI tahun 2021 di Sofifi, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (16/10/2021) malam.

“Pelaksanaan STQN XXVI 2021 di Malut menjadi momentum membumikan semangat islam yang penuh rahmat dan damai,”ucap Menang dalam sambutan pembukaan kegiatan itu.

Dikatakan, STQN dilaksanakan di Sofifi Maluku Utara ini kaya dengan nilai dan kearifan lokal.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ajang STQN juga merupakan sarana mendekatkan Al Quran kepada masyarakat luas dan menggali makna holistik untuk dijadikan spirit berbangsa dan bernegara.

Ia juga menyampaikan, bahwa insan tilawatil Quran merupakan mitra strategis Kementerian Agama karena mereka tersebar di seluruh pelosok nusantara dan mengambil peran dalam kehidupan beragama.

Sebagai informasi, STQ dan MTQ merupakan satu kesatuan kegiatan musabaqah, meskipun berbeda dari segi waktu maupun tujuan pelaksanaan. STQ digelar dua tahun sekali pada tahun-tahun ganjil, sedangkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) digelar dua tahun sekali.(red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *