DPRD Halteng Dukung Pejuang Merah Putih Hi. Salahuddin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

  • Whatsapp
Hi. Salahuddin Bin Talabuddin.|| Doc : (Istimewa).

Halteng – DPRD Kabupaten Halmahera Tengah mendukung upaya dan langkah Yayasan The Tebings Maluku Utara dan Pemda Halteng dalam mendorong Hi. Salahuddin Bin Talabuddin sebagai Pahlawan Nasional.

“Terkait langkah memperjuangkan Hi. Salahuddin Bin Talabuddin sebagai pahlawan nasional, kami DPRD sangat mendukung,”kata Wakil Ketua DPRD Halteng, Hayun Maneke kepada beritadetik.id, Kamis (22/7/2021).

Bacaan Lainnya

Politisi Partai NasDem Halmahera Tengah ini lanjut mengatakan, upaya mendorong Hi. Salahuddin Bin Talabuddin agar diberikan gelar Pahlawan Nasional adalah langkah yang sangat tepat dan wajib didukung oleh semua pihak di Maluku Utara.

“Hi. Salahuddin adalah sosok pejuang bangsa yang berasal dari rahim Fagogoru Halmahera Tengah, dan umumnya di Maluku Utara. Beliau diketahui sangat memiliki kontribusi yang cukup besar dan berpengaruh bagi bangsa ini,”tukas Hayun.

Ketua Yayasan The Tebings Ridha Adjam mengatakan, Haji Salahuddin Bin Talabuddin layak diperjuangkan sebagai pahlawan nasional.

“Hi. Salahuddin adalah tokoh yang lahir dari masyarakat, dan memiliki wawasan kebangsaan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan,”ucap Ridha yang juga Rektor Unkhair itu.

Dikatakan, dalam memperjuangkan gelar pahlawan untuk Hi. Salahuddin, pihaknya telah membentuk Tim Peneliti dan Tim Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), terdiri dari beberapa akademisi dari Unkhair Ternate, serta unsur dari Pemda Halteng.

“Kami butuh suport kerja-kerja tim pengkaji maupun tim penyusun, agar bisa dengan cepat menyediakan naskah akademik, dalam memperjuangkan Hi. Salahuddin Bin Talabuddin sebagai pahlawan Nasional,”ujarnya.

Dia berharap dokumen dan naskah akademis ini bisa dilengkapi agar bisa segera diusulkan ke pusat tahun depan.

“Yayasan The Tebings ini hanya berhak mengusulkan, karena dalam kajian kami Hi. Talabuddin layak diperjuangkan menjadi pahlawan Nasional,”tandasnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Halmahera Tengah, Salmun Saha mengatakan, dalam upaya memperjuangkan Hi. Salahuddin sebagai pahlawan nasional, pihaknya pada beberapa waktu lalu telah menggelar rapat dengan TP2GD.

“Rapat itu membahas langkah-langkah persiapan administrasi serta tahapan-tahapan dalam pengusulan,”pungkasnya.(awn/red).

Penulis : Darmawan Jufri
Editor: Ridho

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *