Berkat Bang Aco, Taliabu Berhasil Miliki Alat Deteksi Covid-19

Pjs. Bupati Taliabu, Drs. Maddaremmeng.

TALIABU, BERITADETIK.ID – Sebagai bukti keseriusan dirinya dalam melakukan pencegahan Covid-19, Pjs Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Maddaremmeng sapaan bang Aco berhasil mendorong instansi terkait dalam mengadakan alat pendeteksi virus Corona di wilayah setempat.         

“Sekarang Satuan Tugas (Satgas) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu sudah mendatangkan ribuan alat Antigen dan Antibodi untuk melakukan penaganan Covid-19 di Taliabu. Alat-alat tersebut sudah ada di Bobong dan sudah mulai digunakan,”jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly kepada Wartawan, Senin (30/11).  

Dijelaskan, saat ini untuk alat Antigen dan Antibodi yang dibeli oleh Pemkab dalam hal ini Satgas Taliabu jumlahnya sebanyak 5.250 buah, dengan rincian alat antygen 3.250 pcs, ditambah alat antibodi sebanyak 2 ribu Pcs.

Bacaan Lainnya

Alat Rapid Antigen dan Antibodi sudah di Kediaman Kadis Kesehatan Pultab.

Sekretaris Satgas Pencegahan dan Penaganan Covid-19, Sutomo Teapon menambahkan, dengan diadakannya alat Antigen dan Antobodi oleh Pemda lewat Dinas Kesehatan tersebut, kini pihaknya lewat Tim Medis Satgas Taliabu langsung action melakukan uji sampel Swab terhadap 11 orang karyawan Tambang PT. Adi Dayah Tangguh (ADT) yang dinyatakan reaktif dan menjalani karantina di Penginapan Ma’ruf saat ini.

“11 orang terkonfirmasi reaktif tersebut, mulai Senin tadi Sudah dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat Antigen dan juga antibodi sebagai langkah swab orofaring atau swab nasofaring untuk mendeteksi virus dalam tubuh mereka,”jelas Sutomo.

Ditemui Terpisah, Ketua Satgas Pencegahan dan Penaganan Covid-19 Pulau Taliabu, Maddaremmeng mengatakan, alat antigen dan antibodi ini hasil penggunaan lebih akurat dan cepat. Karena itu dirinya memerintahkan Dinas Kesehatan untuk mengadakan dua jenis alat tersebut.

“Taliabu ini fasilitas kesehatan, terutama di rumah sakit belum begitu memadai, karena itu sebagai langkah pencegahan dan penanganan dengan cepat atas pandemi ini, satu-satunya dengan cara mengadakan alat rapid antigen dan antibodi untuk mendeteksi Covid-19 kepada setiap orang yang bergejala,”terang orang penting Kemendagri itu.

Sembari menambahkan, dari Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penanganan Covid-19 di Tanah Air menggunakan dua jenis rapid test, yakni rapid test antibodi dan rapid test antigen yang juga saat ini sudah digunakan oleh Satgas Taliabu.(cl/cq).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *