Sambut Ramadan, Warga Daruba Gelar Bakti Sosial

Beritadetik.id – Dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramdhan 1445 H, warga Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, melaksanakan kegiatan Kerja Bakti bersama di lingkungan perkuburan.

Tradisi bersih makam ini tidak lepas dari tradisi ziarah bagi masyarakat Desa Daruba di Morotai, dalam setiap datangnya bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Bagi masyarakat daruba tradisi ziarah hingga bersih makam, merupakan kegiatan sosial keagamaan dan Silaturahmi atau sebagai wujud komunikasi dan bakti kepada yang telah mendahului mereka.

Bacaan Lainnya

Hal itu dikatakan Idham Amirullah, kepada beritadetik.id, Jumat (8/3/2024) ketika melakukan pembersihan di pekuburan Desa Daruba.

Dijelaskan, ziarah hingga bersih makam sudah menjadi suatu keharusan di setiap anggota keluarga, tidak sekedar membersihkan. Tetapi, juga memanjatkan doa kepada mereka.

“Ini adalah tempat peristirahatan terakhir, siapa pun dia pasti akan kesana,”ucap Idham.

Terlepas dari itu, dalam kesempatan yang sama Badan Ta’mir Masjid Nurul Jannah Desa Daruba melakukan pembagian Air Gelong Gratis untuk dua gelong per rumah.

Usman Ahmad (52) anggota Badan Ta’mir Masjid (BTM) Nurul Jannah Desa Daruba mengungkapkan kegiatan ini di lakukan setiap jumat per rumah masing-masing dua gelong.(ul).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *